Bimtek jitu pasna BPBD Sumbar diadakan agar mendapatkan data yang Valid.

 

Impiannews.com

Batusangkar - Bimbingan teknis hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (JITU PASNA) oleh BPBD Sumbar berlangsung sukses tanpa ada kendala.
Sumatera barat merupakan salah satu daerah yang tebilang rawan bencana, karena kondisi geogragis hamparan pegunungan dan pantai yang luas.
Oleh karena itu ancaman bencana berdasarkan fakta selama ini selalu ada, baik itu gempa bumi, longsor, banjir bandang, angin puting beliung, bahkan tsunami, jelaskan Kabid Rehabilitasi dan rekontruksi Suryadi Eviontri, ST. MT , saat pelaksanaan bimtek angkatan 4 tanggal 13-16 September 2021 di hotel Emersia Batusangkar.
Suryadi memaparkan, berdasarkan hal tersebut selama ini jika terjadi bencana, karena belum atau sebagian kecil saja masyarakat maupun aparatur mulai dari des / nagari dan bahkan jurnalis tidak sepenuhnya memahami akan kajian kebutuhan dampak dari bencana tersebut, sehingga banyak terjadi kesimpang siuran.
Oleh karena itu BPBD Sumbar mengadakan pelatihan bimbingan teknis ( bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana ( jitu pasna ).
Diharapkan dengan adanya pelatihan bimbingan teknis  ini, seluruh peserta jitu pasna yang telah dilatih tidak canggung lagi melakukan hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana, kerana sudah memahami teknis perhitungannya, dan data diperoleh akurat dan kajian tepat sasaran. 
(**)

Posting Komentar

0 Komentar