Dosen UNP Ikuti Sosialisasi SERDOS 2021

Impiannews.com

Padang --  Kegiatan sosialisasi SERDOS 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat SDM, Kemdikbud Ristek pada tanggal 12 Agustus 2021 diikuti oleh puluhan dosen yang akan mengikuti Serdos tahun ini dan beberapa orang Panitia penyelenggara Serdos dilingkungan UNP. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Direktur SDM, Kemdikbud Ristek, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 3.000 orang dosen, panitia PT dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia dan bagi yang tidak berkesempatan untuk bergabung melalui zoom dapat mengikuti kegiatan ini melalui live streaming youtube. Tahun ini Kemdikbud Ristek memberikan kuota Serdos baru sebanyak 8.000 orang dosen, dimana pada tahun sebelumnya kuota tersebut hanya 7.000 orang saja. Pihak kementrian juga sudah menyiapkan pedoman operasional Serdos SMART.


Dirjen Vokasi, Bapak Wikan Sakarinto, menyampaikan bahwa melalui profesionalisme dosen (Serdos) diharapkan dapat menghasilkan lulusan sebagai pilar hebat bangsa ini. Dengan adanya inovasi informasi teknologi, proses serdos ini lebih mudah dan efisien, serta data bias dicek secara real time. Selanjutnya, Dirjen Dikti Ristek, Prof, Nizam, Ph.D menyampaikan bahwa “Pendidikan adalah kunci untuk mewujudkan Indonesia Emas. SDM unggul, kreatif, inovatif dan berahklak mulia untuk mengemban amanah tersebut. Serdos SMART (Simple, Modern, More Innovative, Accountable, Responsive dan Transparant)  dapat membantu mengurangi beban administrasi dosen dan redundancy data” tegasnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan tata kelola Serdos Smart, mulai dari T1-T3, pesyaratan, lembaga penyelenggara sertfikasi AA, Pekerti, TKBI dan TKPA, serta penjelasan sampai tahap penilaian akhir.


Kegiatan ini juga digawangi oleh Pusat Pengembangan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi, LP3M UNP yang membantu mengkoordinasikan kegiatan ini kepada seluruh dosen dilingkungan UNP yang akan mengikuti Serdos pada tahun ini. Kepala Pusat  Pengembangan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi, UNP, Dr. Mulya Gusman, ST, MT menyampaikan bahwa, “Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih teknis kepada setiap DYS, sehingga DYS dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dosen yang sudah eligible dan masuk kuota tahun ini dapat lolos sebagai pembuktian sebagai dosen yang professional”.


Ketua LP3M UNP, Prof. Jamaris, M.Pd menyampaikan bahwa, “Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal dari rangkaian dan tahapan pelaksanaan sertifikasi dosen tahun ini yang mengusung konsep SMART yang lebih memudahkan dosen dari sisi administrasi dan memberikan kesempatan kepada dosen untuk menuliskan  deskripsi diri, yang pada tahun ini berganti nama menjadi PDD-UKTPT (Penilaian diri dosen mengenai unjuk kerja tridarma perguruan tinggi) sesuai dengan passion dosen tersebut baik di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat”. Beliau juga berharap agar dosen yang akan mengikuti Serdos tahun ini diberikan kelancaran sehingga dapat menambah jumlah dosen yang tersertifikasi di UNP. (FPP UNP/Humas UNP)

Post a Comment

0 Comments