UNP Lepas 3567 Orang Mahasiswa PLK Ke-14 Provinsi di Indonesia

Impiannews.com

Padang---- Universitas Negeri Padang (UNP), pada Semester Juli-Desember 2021 ini, akan melepas sebanyak 3567 orang mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) pada 14 Provinsi di Indonesia, karena pertimbangan pandemi Covid-19, pelaksanaan PLK sejak tahun semester Juli-Desember 2020 yang lalu menggunakan basis wilayah tempat tinggal mahasiswa. Artinya mahasiswa bisa PLK di sekolah terdekat dari tempat ia berdomisili. Kegiatan seremoni pelaksanaan PLK tersebut dilakukan dengan tujuan serah terima mahasiswa, yang diikuti pimpinan UNP, Pimpinan Fakultas, Kepala Lembaga, Dinas Pendidikan, Sekolah tempat PLK/ Asistensi MBKM/ PLP UNP, dan digelar secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Youtube, hari Rabu/21 Juni 2021.

 

Kepala Unit Pelaksana Praktek Lapangan (UPPLK) UNP, Dr. Sukarni, M.T dalam laporannya menyatakan bahwa pelaksanaan PLK/ Asistensi Merdeka Belajar/ PLP tahun ini menerapkan konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), ada 34 Prodi yang mengirimkan mahasiswa praktek PLK semester ini, sebanyak 599 akan mengikuti PLK di 19 Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Barat dan sebagian besar akan praktek di luar Sumbar mulai dari tingkat TK/PAUD, SD, SLB, SMP, MTs, SMA, MA dan SMK.

 

Sementara itu Ketua LP3M UNP, Prof. Dr. Jamaris, M.Pd, dalam penjelasannya, bahwa banyak tantangan yang dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia.” kita harapkan bapak dan guru pamong bisa memberikan sumbangsih dan perhatiannya untuk sama-sama membina para mahasiswa menjadi calon guru yang profesional, sehingga lahir juga guru yang berkarakter menghadapi tantangan yang makin berat”.

 

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, dalam arahannya mengharapakan kegiatan PLK tetap terlaksana dengan baik, mengingat begitu pentingya keberadaan PLK bagi mahasiswa prodi Kependidikan, “Melalui peran dan kontribusi bapak/ ibu dosen pembimbing dan Guru Pamonglah, terjadinya keberhasilan pelaksanaan PLK, ketercapaian tujuan merupakan wujud dedikasi kita mengawal mutu pendidikan,  karena calon guru ke depan adalah guru yang cerdas, berinovasi, kreatif dan menguasai teknologi, tegas Rektor yang juga Guru Besar dari Fakultas Teknik ini.

 

Kegiatan serah terima mahasiswa PLK ke sekolah mitra diikuti diperkirakan 5000 lebih dari undangan, dan sebagian besar melaui live streaming karena keterbatasan zoom meeting. Waktu pelaksanaan PLK mulai Bulan Tanggal 30 Juli sampai dengan 20 Desember 2021, dengan mengikuti tahapan sebagaimana yang telah ditentukan. (Er/ Humas UNP)


Posting Komentar

0 Komentar