Pandemi, Tak Pudarkan Semangat Ubudiyah Warga OTS

Lapangan Tigo Dusun 

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Walillah ilham. Suara takbir, tasbih dan tahmid berkumandang dari mushalla, mesjid, langggar dan surau di seluruh pelosok negeri menyambut idul adha 1441H. 


Dua tahun sudah pandemi covid-19 didatangkan Allah SWT untuk menguji keimanan umat di muka bumi. Semua lini terdampak, namun tidak menyurutkan niat dan akidah umat untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah serta menjaga hubungan silaturrahmi antar sesama. Termasuk umat muslim di kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh provinsi Sumatera Barat. 


Karena, dalam al quran Allah memerintahkan agar musibah membuat umat semakin mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Demikian juga diterangkan dalam hadits. 


Sembari bertakbir, Selasa (20/07/2021) pagi ratusan warga kelurahan Ompang Tanah Sirah hadir di lapangan, untuk mendirikan shalat idul adha 1441H. Setidaknya, ada 3 lokasi lapangan shalat hari raya di kelurahan OTS, yakni lapangan hijau Gastan Tanjung Anau, lapangan hijau tigo dusun di balai betung dan lapangan Persita Talawi. 


Jelang jemaah shalat Ied memasuki lapangan shalat, panitia terpaksa menghambat jemaah untuk menjalani pemeriksaan suhu tubuh sesuai protokol kesehatan. Jemaah wajib memakai masker. Selain itu, panitia juga telah menyiapkan fasilitas mencuci tangan di gerbang masuk dan keluar.


Tampak di lapangan shalat tigo dusun, setidaknya ada 5 shaf laki-kaki ditambah 6 shaf wanita. Serta disiapkan shaf anak-anak. Usai jemaah mendengarkan laporan keuangan dari Ketua panitia, selanjutnya dilaksanakan shalat idul adha berjemaah yang diimami Ustadz Putra Kurnia Pratama  SH dari Kabupaten Lima Puluh Kota, selaku khatib pagi itu. 


Usai pelaksanaan shalat idul adha, Khatib Putra Kurnia Pratama sampaikan khutbah bertema "Pentingnya kualitas iman dalam menghadapi cobaan Allah".


Diawal khutbah, khatib Putra Kurnia Pratama mengajak jemaah untuk meningkatan kualitas iman. Selanjutnya Putra mendasari khutbahnya dengan ayat al quran yakni Surat Maryam 46. Putra mengajak jemaah untuk mensyukuri nikmat islam, kesehatan, damai dan aman yang dikaruniakan Allah kepada Kita, saat ini. Disimpulkan, bahwa ada 3 nilai penting di momen idul adha atau idul qurban. 


"Bahwa semakin tinggi iman, ujian semakin tinggi. Pentingnya berserah diri kepada Allah setelah Kita berikhtiar dengan ikhlas. Serta memotovasi berbagi sesama manusia, sebagai wujud puncak cinta kepada Allah".


Karena pandemi ada tampak perubahan di idul adha kali ini. Biasanya, usai shalat hari raya jemaah bersilaturahim dan ditutup dengan makan bajamba. Namun tahun ini, kegiatan itu tidak dilaksanakan. 



Jumlah hewan qurban meningkat. 

Walau pandemi, namun motivasi muslim untuk melaksanakan ibadah qurban di kelurahan OTS tidak luntur. Namun semakin meningkat. 


Dari informasi di lapangan, setidaknya ada 31 sapi ditambah satu ekor kambing bakal disemblih panitia qurban di RW III  Talawi,yang akan disemblih usai salat idul adha. Penyembelihan dipusatkan di lapangan Persita. 


Sementara di RW II Balai Betung ada 15 ekor sapi ditambah 5 ekor kambing. Penyembelihan dipusatkan di kebun kelapa Pak Ojok, di Abu. Hal yang sama juga dilangsung di RW I Tanjung Anau, disini ada 13 ekor sapi yang akan diqurban, pagi selasa sekira pukul 09.00 WIB di halaman mesjid Baiturahman dan lapangan Gastan. 


"alhamdulillah, semangat berqurban warga kita semakin meningkat. Walau perekonomian saat ini menurun. Namun semangat untuk menabung qurban, serta berqurban, sangat tinggi. Kita syukuri kondisi ini. Mari Kita selalu mendekatkan diri kepada Allah dan menjaga silaturrahmi kita. Insya Allah, berkah dan ampunan Allah bisa kita raih," apresiasi Lurah OTS, Majri yang hadir saat penyembelihan hewan qurban bersama Bhabinkantibmas, Tommy didampingi Ketua panitia, Yarisman. (014)

Posting Komentar

0 Komentar