Seksi PHU, Sosialisasikan KMA 660 Tahun 2021


IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, – Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah semakin gencar dan giat mensosialisasikan KMA Nomor 660 Tahun 2021 terkait pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2021.


Kepala Seksi PHU, Tri Andriani Djusair menyampaikan sosialisasi secara detail kepada seluruh guru dan pegawai dilingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 dan 2 pada dua lokasi berbeda pada Senin, 21 Juni 2021.


Kegiatan sosialisasi bertepatan dengan diadakannya acara lokarkarya bagi seluruh guru dan pegawai oleh kedua madrasah. Sehingga, kegiatan sosialisasi terlakasana dengan baik.


“Guru dan pegawai adalah orang-orang yang sering berbaur dengan masyarakat dan jamaah, bahkan ada diantara mereka yang menjadi jamaah haji tunda tahun ini. Tentunya soisalisasi KMA Nomor 660 Tahun 2021 harus disampaikan kepada mereka”, terang Tri Andriani.


“Pembatalan keberangkatan jamaah haji telah kali ke delapan sampai tahun 2021 ini. Pertama kali pembatalan keberangkatan pada tahun 1814 karena wabah thaun, tahun 1857 dan tahun 1858 karena wabah epidemi, berikutnya tahun  1892 karena wabah kolera, tahun 1947 karena perang dunia, tahun 1987 karena wabah miningitis dan tahun 2020 sampai 2021 karena wabah covid-19”, terang Tri Andriani.


“Pemerintah telah mempersiapkan berbagai skenario, namun karena pertimbangan dan alasan kesehatan, keselamatan dan keamanan jamaah, pemerintah kembali menunda keberangkatan jamaah hingga tahun depan”, ulasnya.


“Pembatalan oleh pemerintah Indonesia sejalan dengan keluarnya keputusan pemerintah Arab Saudi, dimana haji tahun 2021 hanya diperuntukkan bagi domestik dan ekspatriat saja. Artinya baik Indonesia maupu Arab Saudi sama-sama mementingkan kesehatan, keselamatan serta keamanan jamaah. Karena menjaga jiwa merupakan salah satu dari maqashid syari’ah yang menjadi pertimbangan dasar utama dalam penetapan hukum atau kebijakan oleh pemerintah”, imbuhnya.


 “Semoga pandemi segera berakhir, sehingga seluruh jamaah haji Indonesia umumnya dan jamaah haji Kota Bukittinggi dapat diberangkatkan pada tahun depan”, pungkasnya.(014)

Post a Comment

0 Comments