Di Payakumbuh, Peringatan Hari Lahir Pancasila Dilangsungkan Virtual

.

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Salam Pancasila. Secara serentak, Warga Negara Indonesia (WNI) di pelosok nusantara dan luar negeri kembali mengenang lahirnya dasar negara, ideologi bangsa yang telah melalui 3 konsep rumusan oleh pendiri bangsa, yakni Pancasila. 


Mengenang dan untuk memaknai nilai-nilai Pancasila, pada Selasa (01/06/2021) dilangsungkan peringatan Hari Lahir Pancasila uang dipusatkan di Gedung Pancasila. Sementara untuk di daerah, peringatan Hari Lahirnya Pancasila dilangsungkan secara virtual sesuai Surat Edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia nomor 04 tahun 2021 tertanggal 30 Mei 2021. Kegiatan tersebut juga disiarkan live di Youtube Sekretariat Presiden. 


Pancasila dalam tindakan, bersatu dalam mewujudkan Indonesia Tangguh. Ditetapkannya 1 Juni sebagai Peringatan Hari Lahirnya Pancasila berdasar pada Kepres Nomor 24 Tahun 2016.


Peringatan Hari Lahirnya Pancasila diikuti pejabat negara, lembaga negara, kementerian, BUMN dan jajaran. Serta dihadiri duta besar negara asing. 


Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi tampak mengenakan baju adat dari Kabupaten Tanah Bumbu. 


Dalam pesan di amanatnya, Presiden menekankan agar bangsa Indonesia memaknai secara mendalam nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia tangguh di Era Revolusi Industri 4.0.


Dalam upacara tersebut bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya. Novi saat ini menduduki jabatan Kepala Staf Komando Garnisun I Jakarta.


Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Kolonel Infantri Muhammad Imam. Dia kini menjabat sebagai Asisten Operasi Pasukan Pengaman Presiden.


Upacara hari lahir Pancasila ini diikuti perwakilan TNI-Polri, tenaga kesehatan, hingga pelajar. Terlihat juga jajaran menteri yang turut hadir dalam upacara ini.


Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.


Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas untuk membacakan Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks pembukaan UUD 1945.


Di Kota Payakumbuh, Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tampak dipusatkan di kantor OPD Pemko Payakumbuh yang diikuti para ASN dengan memanfaatkan TB layar lebar maupun infokus.


Demikian juga instansi vertikal, seperti Kementerian Agama Kota Payakumbuh, dimana semua ASN mengikuti Peringatan Hari Lahirnya Pancasila secara virtual. Semua ASN wajib melaporkan bahwa dirinya (ASN) mengikuti dan menyimak kegiatan negara tersebut. Laporan berupa video dan foto wajib dilaporkan secara berjenjang. (014)

Posting Komentar

0 Komentar