Perjalanan Karir Kompol Russirwan hingga Jabat Waka Polres Limapuluh Kota

Sertijab

IMPIANNEWS.COM
 

Payakumbuh, --- Kabag Sumda Polres Payakumbuh, Kompol Russirwan pada Maret 2021 dipercaya Kapolri melalui Kapolda Sumbar untuk mengisi jabatan sebagai Wakil Kepala Polisi Resor Limapuluh Kota.


Terkait serah terima jabatan di Polres Payakumbuh, sudah dilaksanakan. Sertijab dilakukan langsung Kapolda Sumbar diwakili Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira. Sementara, untuk sertijab di Polres Limapuluh Kota, direncanakan dilangsungkan tanggal 5 April, depan. Sebuah karir sukses yang begitu panjang telah dijalani seorang Kompol Russirwan yang akrab disapa Ayah. 


Selama berkarir sebagai pimpinan, sudah banyak aksi kriminal yang berhasil dibongkar Kompol Russirwan. Dari pencurian, judi, pemerkosaan, perampokan, pembunuhan, narkoba hingga kejahatan korupsi.


Ya, perwira menengah dengan pangkat satu bunga melati itu merupakan anggota kepolisian yang selama ini dikenal mudah bergaul, rendah hati serta dekat dengan siapa saja.


Kompol Russirwan juga dikenal memiliki jiwa sosial tinggi, suka menolong tanpa memandang orang yang akan ditolong. Anak jalanan, pengemis, masyarakat kurang mampu tak terhitung lagi yang sudah dibantu pria kelahiran 1967 tersebut.


Dari kedinasan, karir Kompol Russirwan terbilang cukup cemerlang di kepolisian. Berkat kegigihannya, sehingga dengan mudah Kompol Russirwan naik pangkat dari bintara ke perwira. Sudah banyak jabatan yang pegang Kompol Russirwan sejak naik pangkat jadi perwira pertama pada 2003 lalu. 


Pernah sebagai kepala unit, kepala satuan, kepala Polsek, jabatan strategis di Mapolda Sumbar hingga pejabat penting di Mapolres.


“Pangkat Inspektur Dua (Ipda) pada 2003 lalu. Jabatan pertama sebagai perwira, yakni sebagai Kepala Sentral Pelayanan (SPK) di Polres Limapuluh Kota sampai 2004,” kata Kompol Russirwan di Payakumbuh pada Jumat (26/3/2021).


Pada Januari 2004, Kompol Russirwan pindah tugas ke Polsek Harau sebagai Kanit Reserse Kriminal. Sekitar 10 bulan bertugas disana, dirinya ditarik lagi ke Mapolres Limapuluh Kota di Satuan Reserse Kriminal sebagai Kanit II Reskrim.


Setahun disana, pada Oktober 2005, Kompol Russirwan pindah tugas lagi ke Polres daerah tetangga, Polres Payakumbuh. Pria yang akrab disapa ayah itu ditempatkan di Polsekta Payakumbuh masih sebagai Kanit Reskrim. Di Polsekta Payakumbuh lah Kompol Russirwan saat itu naik pangkat ke Inspektur Satu (Iptu) pada Juli 2006.


Dua tahun bertugas di Polsekta Payakumbuh, sekitar Maret 2007, Kompol Russirwan ditarik ke Mapolres Payakumbuh di Satuan Lalulintas sebagai Kanit Regident. “Sekitar 7 bulan jabatan Kanit Regident, kemudian pindah dengan jabatan baru sebagai Pjs Kepala Satuan Lalulintas Polres Payakumbuh.


Pada Oktober 2008, Kompol Russirwan pindah lagi sebagai Kapolsek Luak. Saat masih bertugas Polsek Luak, Kompol Russirwan naik pangkat ke Ajun Komisaris Polisi (AKP).


Sekitar 2 tahun di Polsek Luak, pad Februari 2010 Kompol Russirwan di tarik ke Mapolda Sumbar. Disana, Kompol Russirwan dengan pangkat AKP saat itu mendapatkan job sebagai Panit I Dir Narkoba Polda Sumbar.


7 bulan kemudian, September 2010 Kompol Russirwan ditugaskan ke Polres Limapuluh Kota sebagai Kapolsek Harau. Setahun disana, pada Oktoner 2011 Kompol Russirwan ditarik ke Mapolres sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal.


Dua tahun sebagai Kasatreskrim Polres Limapuluh Kota, pada Desember 2013 Kompol Russirwan pindah ke Mapolres Payakumbuh sebagai Kepala Satuan Reserse Narkoba.


Dua tahun kemudian, pada Agustus 2015 Kompol Russirwan pindah ke Polsekta Payakumbuh. Saat dinas disana, untuk kedua kalinya Russirwan mendapatkan kenaikan pangkat di Polsekta Payakumbuh, yaitu dari Ipda ke Iptu dan pada Juli 2016 dari AKP ke Kompol.


Tiga tahun sebagai Kapolsekta Payakumbuh, pada Juni 2018, Kompol Russirwan ditarik lagi ke Mapolda Sumbar sebagai Kanit I di Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumbar.


Setahun di Mapolda, Kompol Russirwan ditugaskan lagi ke Mapolres Payakumbuh sebagai Kabag Sumda pada Mei 2019. Menjelang genap 2 tahun sebagai Kabag Sumda, pada Maret 2021 ini, Kompol Russirwan dipercaya mengisi job sebagai Wakil Kepala Polisi Resor Limapuluh Kota.


Kompol Russirwan pun, menunggu untuk serah terimajabatan sebagai orang nomor 2 di Mapolres Limapuluh Kota. 


“Sertijab di Mapolres Payakumbuh sudah selesai. Untuk di Mapolres Limapuluh Kota rencananya 5 April nanti,” katanya Ayah Russirwan.(014)

Post a Comment

0 Comments