Penilaian Nagari Tageh Tingkat Provinsi, Iwan Basir Dampingi Tim Penilaian di Komplek Delima Perumnas Belimbing




IMPIANNEWS.COM

Padang - Pada beberapa bulan lalu penilaian Nagari Tageh tingkat se-Kota Padang, juara 1 di Perumahan Delima, Belimbing, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Tim penilaian dari Mapolda Sumbar untuk meninjau langsung "Penilaian Nagari Tageh Tingkat Provinsi Sumatera Barat", Senin (18/01/2021) Siang.

Dalam sambutannya, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengatakan peristiwa Covid-19 satu tahun belakangan ini melumpuhkan segala aspek kehidupan kita, baik dari segi sosial masyarakat, ekonomi, aspek religi bahkan aspek kesehatan. 

Maka, dengan adanya "Kampung Tageh Rumah' Gadang" ini sebuah langkah yang tepat dalam upaya pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan dalam rangka menciptakan dan meng-aplikasikan sumber potensi lokal yang ada pada sebuah nagari.

Irwan Basir menyampaikan di Kecamatan Kuranji ini merupakan daerah yang masih banyak sektor pertaniannya, perikanan, peternakan ini tentunya bisa membungkus ketersediaan pangan. Meskipun masyarakat kita heterogen, namun mereka dibingkai dalam satu kesatuan saling bekerjasama sehingga mampu mengatasi dan menanggulangi masyarakat yang terdampak Covid-19, tuturnya.

Selain itu, Irwan Basir menambahkan semasa pandemi ini mereka badoncek untuk membantu bahkan ada panggilan jiwa memberikan bantuan beras hampir 18.500 ton, sembako, masker dan bantuan anak yatim, Pengurus LPM se-Kota Padang. Artinya, rasa kepedulian yang tinggi berkontribusi dari potensi kearifan lokal untuk saling berbagi.

"Bagusnya, disini ada Kampung Logistik siaga bencana, budi daya ikan, peternakan sapi dan lainnya. Ini bisa dijual dengan harga terjangkau. Disamping itu, ketahanan panganpun bisa terwujud di sini.

Oleh karena itu, penilaian kampung tageh ini dan Komplek Delima Belimbing-Kuranji mewakili Kota Padang, kita berharap dengan tageh ekonomi, tageh informasi, tageh kesehatan dan tageh segi keamanan benar-benar terwujud. Kita berharap, semoga menjadi juara satu tingkat propinsi, ujarnya Irwan Basir yang akrab disapa Datuk IB.

Sementara itu, Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M. Fikar Datuk Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd, rasa haru dan bangga atas Kecamatan Kuranji, Komplek Delima Blok A- Belimbing bisa mewakili Kota Padang mengikuti lomba Kampung Tageh tingkat Sumatera Barat.

"Perjuangan ini murni dari swadaya masyarakat sekitar. Mereka saling bekerjasama Saciok Bak Ayam, Sadanciang Bak Basi dalam bekerja dan melewati pandemi Covid-19 ini.

Kita optimis mampu mewujudkn Nagari Tageh, baik tageh dibidang Ekonomi, Keamanan, Kesehatan, Informasi dan lainnya, Sehingga Tim Penilai Tingkat Propinsi Sumbar, dari Polda Sumbar, memberikan Apresiasi yg hebat untuk masyarakat Blok A atas kebersamaannya.

"InsyaAllah kita juga optimis bisa meraih peringakat I tingkat Sumbar. Tentu nantinya jika Allah Ridho, maka kemenangan ini juga menjaga nama baik Kota Padang tingkat Propinsi bahkan Nasional," pangkasnya Ketua PSTI Kota Padang ini sembari diamini oleh seluruh masyarakat Kuranji yang hadir.

Turut hadir Wawako Padang Hendri Septa , Kasat Binmas Polresta Darto, Ketua MPA KAN Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM, Camat Kuranji Eka Putra Buhari, FKAN Pauh IX, Ketua KAN Suardi Rajo Bujang, Kapolsek Kuranji Sutrisman, Lurah Kuranji Kasma Efendi, Ketua BMPN Pauh IX M. Fikar Datuk Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd yang juga Ketua Pembina Kampung Taheh dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya. (DP/Hr1)

Post a Comment

0 Comments