Warga Swiss Setuju Dukung Pemerintah Beli Jet Tempur Baru

 Warga Swiss Setuju Dukung Pemerintah Beli Jet Tempur Baru


IMPIANNEWS.COM (Jakarta).

Warga Swiss membuat kejutan dalam referendum kemarin yang memberikan dukungan kepada rencana pemerintah untuk membeli sejumlah jet tempur baru senilai mencapai US$ 6,46 miliar.

Berdasarkan hasil referendum, sebanyak 50,2 persen suara memberikan dukungan pemerintah Swiss membeli beberapa jet tempur baru, seperti dikutip dari Reuters.

Hasil ini disebut mengejutkan karena Swiss setelah perang tahun 1847 membuat pemerintah butuh perjuangan untuk meminta dukungan warganya dalam pembelian persenjataan.

Dalam referendum tahun 2014, sekitar 52 persen suara menolak pembelian 22 jet tempur Gripen senilai 3,5 miliar Swiss franc.

Dengan referendum yang memberikan dukungan soal pembelian jet tempur, pemerintah Swiss tahun deoan akan membeli sejumlah jet tempur Eurofighter dari Airbus, Rafale dari Dassault Prancis, F/A-18 Super Hornet dari Boeing, atau F35-1 Lightning II dari Lockheed Martin. Jet tempur baru ini akan dikirimkan ke Swiss pada tahun 2025.

Jet tempur baru ini akan menggantikan armada Swiss yang sudah tua seperti F/A-18 Hornets.

Sumber:

https://www.reuters.com/article/us-swiss-vote-jets/swiss-voters-approve-6-5-billion-purchase-of-fighter-jets-idUSKBN26I0G5


Post a Comment

0 Comments