Pramuka UNP Adakan Kegiatan PRAGASI Secara Dering



Pramuka UNP Adakan Kegiatan
PRAGASI Secara Dering

IMPIANNEWS.COM (Padang)

Pramuka Universitas Negeri Padang mengadakan kegiatan PRAGASI (Pramuka Ragam Diskusi) pada Sabtu, 29/8/2020. Kegiatan mingguan kali ini dilaksanakan secara daring dengan mengusung tema Kekeluargaan dan Profesionalitas.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga semangat anggota Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang dalam berkegiatan secara online di masa pandemi ini.

Kegitan ini merupakan kegiatan sharing dan diskusi yang dilakukan anggota dan calon anggota angkatan ke-37. Kak Ihsanul Amri Ahsas yang merupakan Purna Racana sekaligus narasumber menuturkan bahwa Pramuka UNP merupakan organisasi untuk menjalin persaudaraan yang menjunjung nilai kebersamaan. Tapi tak lepas dari itu kita juga harus jadi pribadi yang professional dalam berorganisasi.

Dalam berorganisasi, menjadi seseorang yang professional memang tidak mudah dilakukan. Banyak sekali faktor penghambat yang menghalangi kita bersikap professional dalam berorganisasi.

Sering kali kita secara pribadi sedikit mencampurkan permasalahan pribadi dengan urusan di organisasi. Kak ihsan memberikan tips berdasarkan pengalaman beliau saat aktif di pramuka UNP, “Untuk menjalin kekeluargaan yang erat di antara kita dalam berorganisasi kita harus melebur.

Kita juga harus memposisikan diri kita  masing masing,  kakak mengigatkan adik jikalau adik menyimpang dan adik harus mau belajar. Kita sebagai anggota juga tidak hanya memposisikan diri sebagai anggota dalam organisasi saja. Tapi posisikan juga diri kita sebagai keluarga dan saudara antar sesama kita” ucap Kak Ihsan.

Pada kesempatan ini Ihsan berpesan jika kita mempunyai masalah pribadi dengan seseorang dalam organisasi, kita juga harus bersikap professional. Jangan sampai karena permasalahan kita secara pribadi bisa menghambat tanggung jawab dan tugas kita serta menghambat proses belajar kita di dalam organisasi. 

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita. Diskusi yang hangat menambah lagi semangat kita dalam mengikuti kegiatan. Karena pada saat pendemi dan keadaan seperti ini, kita tidak bisa menimba ilmu dengan cara saling berkomunikasi dan berkegiatan bersama.

Dengan adanya kegiatan tersebut kita menambah wawasan dan pengalaman serta bisa bertukar pikiran. Jadi cukup raga dan fisik kita di pandemik, pengetahuan, dan ilmu jangan sampai membeku diam, tutur Sherliya Benita salah seorang anggota Racana.

Kak Delvia selaku Ketua Racana mengharapkan dengan adanya kegiatan ini nantinya akan menghasilkan sebuah keluarga yang erat dan tidak hanya sekedar organisasi. Kita bisa menjadi anggota yang profesional dan bisa melaksanakan jobdesc dan tanggung jawabnya masing-masing sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. (ayu/UK Pramuka UNP/Humas UNP)