Irwan Basir Bantu Korban Kebakaran di Padang Sarai Sampai Tuntas



IMPIANNEWS.COM (Padang).

Kepedulian sosial, Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM dalam membantu kesulitan warga memang luar biasa dan patut diberikan acungan jempol.

Buktinya, saat mengunjungi salah satu keluarga yang mendapat musibah akibat kebakaran rumahnya di RW 09 Kelurahan Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, beberapa waktu lalu, dirinya ikhlas dan bersedia memberikan bantuan sampai tuntas.

"Membantu warga yang sedang ditimpa musibah seperti ini adalah tanggungjawab kita bersama, tidak hanya pemerintah. Oleh sebab itu, saya mengajak dan mengimbau para dermawan yang ada di Kota Padang ini untuk bersama-sama membantu kesulitan saudara kita ini," ungkapnya saat mengunjungi kondisi warga tersebut, Senin (14/9/2020) lalu.

Saat itu, Irwan Basir didampingi Wakil Ketua DPD LPM Kota Padang Nofrialdi Novi Sastera dan sejumlah pengurus LPM Kota Padang lainnya.

Ketika terjadi musibah kebakaran beberapa waktu lalu, kepala keluarga yang bernama Alex (45) itu telah mendapatkan bantuan tahap pertama dari Datuk Irwan Basir berupa uang tunai dan beras pada Rabu (8/9/2020).

Pada Senin (14/9/2020) lalu, Ketua MPA KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang itu kembali menyerahkan bantuan dalam bentuk siang seng sebanyak 3,5 kodi untuk membantu pembangunan kembali rumahnya yang telah hangus terbakar.

"Nanti kalau pembangunan rumahnya telah selesai, undang-undang jugalah kami untuk syukuran," kata Irwan Basir sambil bercanda.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sampai saat sekarang Alex dan keluarganya masih tinggal ditenda darurat milik Kemensos RI melalui Dinas Sosial Provinsi Sumbar.

Sebab rumah semi permanen milik Alex tersebut habis dilalap sijago merah hingga tidak meninggalkan bekas.

Saat penyerahan bantuan, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengatakan, sebagai makhluk sosial tentu "raso jo pareso" lebih di kedepankan, apalagi korban merupakan orang berekonomi lemah. Tentu ini menjadi perhatian penuh.

"Meskipun bantuan sedikit hanya 3,5 kodi seng, Namun bisa meringankan beban pak Alex dalam membangun kembali rumah tempatnya tinggal. Sangat kasihan kita, melihat pak Alex yang sampai saat ini masih tinggal dalam tenda darurat," ucapnya prihatin.

Irwan Basir juga meminta kepada pihak keluarga korban untuk jangan memandang besar-kecilnya pemberian dan jangan dikait-kaitkan dengal hal lain.

"Ini murni panggilan jiwa saya untuk membantu warga Padang yang ditimpa musibah," tegasnya.

Sementara itu, Alex didampingi Ketua RW 09 Burhanudin mengucapkan ribuan terimakasih atas sumbangsih dan bentuk kepedulian yang ditunjukkan Datuk Irwan Basir sebagai tokoh Kuranji dan Ketua DPD LPM Kota Padang tersebut.

"Ini yang kedua kalinya beliau turun ke lokasi. Bantuan pertama Datuk IB memberikan uang tunai dan beras dan saat ini 3,5 kodi seng. Kami tidak bisa berucap dan berkata apa-apa, hanya syukur dan terimakasih," tutur Alex dengan mata berkaca-kaca.

Burhanudin menambahkan, semoga pemberian Dt. IB menjadi amal ibadah bagi beliau dan dimudahkan rezki serta segala usahanya dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. (noa/dp)