Amerika Masuki Minggu Paling Kritis, Korban Tewas Meledak di Tiga Wilayah Akibat Covid-19

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

IMPIANNEWS.COM (New York).

Amerika Serikat tengah menghadapi paling sulit di tengah wabah virus corona atau covid-19.

Fase paling kritis tengah dihadapi Amerika yang mulai memasuki salah satu minggu paling kritis sejauh ini.

Angka korban tewas akibat covid-19 tersebut meledak di tiga wilayah, New York, Michigan dan Louisiana.

Dikutip Kontan.co.id melansir Reuters, New York, menjadi negara bagian AS yang paling terpukul, melaporkan pada hari Minggu.
New York untuk pertama kalinya dalam seminggu, tingkat kematian telah mengalami sedikit penurunan dari hari sebelumnya.

Akan tetapi, masih ada hampir 600 kematian baru dan lebih dari 7.300 kasus baru.

Sejumlah negara bagian seperti Pennsylvania, Colorado dan Washington, D.C. mulai mengalami peningkatan kematian.

Menurut foto yang didapat Reuters, mayat-mayat korban COVID-19, penyakit pernapasan mirip flu yang disebabkan oleh virus corona, ditumpuk dalam kantong oranye terang di dalam kamar mayat sementara di luar Pusat Medis Wyckoff Heights di Brooklyn.

Gubernur New York, Andrew Cuomo mengatakan pada hari Minggu bahwa tingkat pasien rawat inap baru telah turun 50% selama 24 jam sebelumnya.

Tetapi, ia memperingatkan bahwa belum jelas apakah krisis itu mencapai puncaknya di negara bagian tersebut, yang memiliki total 4.159 kematian dan lebih dari 122.000 kasus.

“Virus corona benar-benar ganas dan efektif pada apa yang dilakukan oleh virus. Ini adalah pembunuh yang efektif," kata Cuomo dalam pengarahan harian.
Setelah puncak epidemi berlalu, Cuomo mengatakan peluncuran massal pengujian cepat akan sangat penting untuk membantu negara "kembali ke keadaan normal."

Ada cahaya di ujung terowongan
Jendral Bedah AS A. Jerome Adams memperingatkan di Fox News Sunday bahwa masa sulit ada di depan, tetapi "ada cahaya di ujung terowongan jika semua orang melakukan bagian mereka selama 30 hari ke depan."

“Ini akan menjadi minggu yang paling sulit dan paling menyedihkan dalam kehidupan kebanyakan orang Amerika, terus terang. Ini akan menjadi momen Pearl Harbor kami, momen 9/11 kami, hanya saja itu tidak akan dilokalisasi,” katanya.

"Itu akan terjadi di seluruh negeri. Dan saya ingin Amerika mengerti itu."

Sebagian besar negara bagian telah memerintahkan penduduk untuk tinggal di rumah kecuali perjalanan penting untuk memperlambat penyebaran virus di Amerika Serikat di mana lebih dari 332.000 orang dinyatakan positif dan lebih dari 9.500 telah meninggal, menurut penghitungan Reuters.

Namun, beberapa gereja tetap mengadakan pertemuan besar pada Minggu Palem, awal Pekan Suci di gereja-gereja Kristen.

Pastor Tony Spell, yang ditangkap minggu lalu karena mengadakan kebaktian, memanggil umatnya lagi, tiga minggu setelah Louisiana melarang pertemuan 10 orang atau lebih.

Ratusan jemaah berkumpul di Megamurch Spell's Life Tabernacle di pinggiran kota Baton Rouge, banyak yang tiba dengan 26 bus yang dikirim untuk menjemput mereka.

"Mereka lebih suka datang ke gereja dan beribadah seperti orang bebas daripada hidup seperti tahanan di rumah mereka," kata Spell kepada wartawan.

Louisiana, yang telah menjadi hot spot virus corona, melaporkan lonjakan kematian hingga hampir 500 dan lebih dari 13.000 kasus. Gubernur memperkirakan negara bagian akan kehabisan ventilator pada hari Kamis.

Meski demikian, sebagian besar gereja di AS telah menutup pintu mereka dan banyak yang menyiarkan layanan online.

Tak semua lockdown
Pakar medis Gedung Putih memperkirakan bahwa antara 100.000 hingga 240.000 orang Amerika dapat tewas dalam pandemi, bahkan jika perintah sweeping untuk tinggal di rumah diikuti oleh masyarakat.

Presiden Donald Trump memperingatkan pada hari Sabtu bahwa akan terjadi kejadian yang "sangat menghebohkan" beberapa hari ke depan.

Gubernur negara bagian Washington, Jay Inslee, seorang Demokrat, mengatakan jika negara-negara bagian lain tidak juga memberlakukan langkah-langkah tegas, virus akan terus menyebar.

Gubernur Rhode Island Gina Raimondo mengatakan dia mungkin melakukan lockdown dengan "menutup semuanya" jika penduduk tidak mengikuti aturan saat ini karena jumlah kasus di negaranya mendekati 1.000 dan kematian meningkat.

Setidaknya, ada delapan negara bagian yang belum memerintahkan penduduk untuk tinggal di rumah: Arkansas, Iowa, Nebraska, Dakota Utara, Carolina Selatan, Dakota Selatan, Utah, dan Wyoming.

Georgia, yang telah mencatat 6.600 kasus dan lebih dari 200 kematian, memerintahkan penduduk untuk tinggal di rumah tetapi kemudian mengizinkan beberapa pantai untuk dibuka kembali.

Gubernur Arkansas dari Republik Asa Hutchinson membela penolakannya untuk memerintahkan pembatasan di seluruh negara bagian, dengan mengatakan bahwa situasinya diawasi dengan ketat dan bahwa “pendekatan yang lebih tepat sasaran” masih memperlambat penyebaran virus.

Adams, ahli bedah umum, mengatakan gubernur yang belum mengeluarkan perintah tinggal di rumah selama sebulan harus setidaknya mempertimbangkan melakukannya untuk minggu mendatang.

Kate Lynn Blatt, 38 tahun, seorang manajer properti dari pedesaan Pottsville, Pennsylvania, mengatakan dia terkejut bahwa gubernur negara bagiannya, Tom Wolf, menunggu hingga 1 April untuk mengeluarkan perintah tinggal di rumah di seluruh negara bagian.

“Kami terkejut. Saya tidak percaya Trump belum mengeluarkan perintah nasional dan saya masih tidak percaya ada negara bagian yang masih terbuka," kata Blatt.
(*)

#tafch
#covid19
#minggumengerikan
#anarikaserikat
#trump.

Post a Comment

0 Comments