Tradisi "Sadokah Nasi Usai Panen" ala Keluarga Besar Kasiana Balai Betung

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Setiap kali panen padi, keluarga besar almarhum Kasiana suku Mandahiliang RW II Balai Betung kelurahan Ompang Tanah Sirah selalu menggelar syukuran melalui perhelatan sederhana yang dinamakan sadokah nasi. 

Prosesi sadokah nasi (mengajak warga makan di rumah) yang sudah mendarah daging bagi keluarga almarhumah Kasiana, usai mengeluarkan zakat padinya. Hingga kini masih dilanjutkan anak kandungnya Tarmis (76 tahun) bersama anak-anaknya. 

Kagumnya, Tradisi Sadokah nasi yang dilaksanakan keluarga ini adalah mereka tetap syukuran sadokah nasi tiap kali panen. Meskipun panen gagal, mereka tetap laksanakan prosesi ini. Adapun bentuk kegiatan yang digelar dalam sadakah nasi diantaranya makan bersama, doa syukuran dan saling memberi maaf. 

Sejak pagi Sabtu, keluarga besar Kasiana (almh) sudah berkumpul semuanya, bahkan sampai cucu dan cicit. Mereka berkumpul menyiapkan jedah yang akan disantap warga nanti malamnya. Uniknya, mereka juga telah menyiapkan penganan berupa lamang tapai pulut hitam yang sudah dikemas untuk dibawa pulang. 

Tampak pada Sabtu (29/02/2020) usai shalat Magrib, warga dan tetangga sekitar rumah Tarmis mulai berdatangan menghadiri panggilan yang sebelumnya sudah disampaikan keluarga sedari siang. Mulai dari tokoh masyarakat, pemuda dan anak-anak. Untuk kaum ibu, makan sesi kedua. 

"kami hanyo manoruan tradisi ughang tuo-tuo kami nan tadoulu. Ikolah bontuak syukur, maimbau Rang kampuang makan ka umah. Sudah tu kito saliang mendoakan dan batimbang maaf. Semoga kito ta ilak dari bancano, panyakik dan lainnyo. Suda tu mendoakan rang tuo-tuo nan lah daolu, nan lah bajuang untuak keluarga kami. Kami kini hanyo manoruan apo nan olah didapek dek baliau dulu. Semoga beliau (almarhum/ah) sonang di akhirat. Dan kito sehat saling mendoakan dalam barokah,"sebut Tarmis akrab disapa Temin. 

Malam sadokah nasi, tampak pembaca doa H. Burhanis dan diamini para warga yang hadir malam itu.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.