MTQ Ke-39 Kota Bukittinggi, Ditabuh Wagub

IMPIANNEWS.COM
Bukittinggi, --- Kepala kankemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda menyampaikan bahwa kegiatan MTQ  menjadi salah satu implemetasi dari sunah Nabi Muhammad SAW yaitu Mambaca Al-Qur'an menjadi cahaya kehidupan. 

Hal tersebut disampaikan pada pembukaan MTQ Ke-39 Tingkat yang dibuka langsung secara resmi Wakil Gubernur Sumbar bersama Wali Kota Bukittinggi, Ketua LPTQ, Kemenag, unsur Forkopimda, Anggota DPRD, Maderizal, Shabirin Rachmat dan Ibnu Azis bertempat di Lapangan Wirabraja (Lapangan Kantin), Selasa 03 Maret 2020.

"Kita berharap Kota Bukittinggi menjadi kota yang baik, cerah dan nyaman di bawah ampunan Allah SWT. Masyarakatnya berada dalam lindungan Allah SWT karena banyak kegiatan yang positif yang selalu dilaksanakan berlandaskan agama Islam seperti halnya MTQ saat ini. Semoga selalu dapat dilaksanakan dengan maksimal dan ditingkatkan dari tahun ke tahun," ujarnya.

Pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Kota Bukittinggi yang menjadi agenda rutin dua tahunan ini Kecamatan Guguak Panjang bertindak sebagai tuan rumahyang dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 5 Maret 2020.

MTQ ke-39 tingkat kota Bukittinggi tahun ini, melombakan 8 cabang dan 17 golongan yang akan digelar di 8 lokasi yaitu Cabang Tilawah, Tartil, Tahfiz, MSQ, MFQ, Kaligrafi, Kitab Standar, Khutbah Jumat dan Azan. Tema yang diangkat dalam MTQ ke 39 ini, “Dengan MTQ, Kita Bangun Masyarakat Qurani Berlandaskan Nilai Agama dan Budaya”.

Ketua LPTQ Bukittinggi Irwandi dalam sambutannya menyampaikan MTQ tahun 2020 ini diikuti sebanyak 297 peserta yang berasal dari masing masing kecamatan yang ada di Bukittinggi.

"Pengurus LPTQ mengucapkan terima kasih kepada Pemko yang telah mengalokasikan dana untuk LPTQ. Dana itu telah digunakan tahun 2019 lalu untuk pembinaan persiapan MTQ ke 38 di Kota Solok. Semoga tahun ini dapat dianggarkan kembali untuk persiapan kota Bukittinggi menghadapi MTQ tingkat Sumbar tahun 2021 mendatang," tutur.

Tokoh masyarakat, Yasril Rahmadian. Tk. Majo Kayo, mengapresiasi kegiatan MTQ yang rutin dilaksanakan Pemko Bukittinggi. Bahkan tahun ini, Tk. Majo Kayo menilai, menjadi pelaksanaan MTQ paling meriah selama MTQ dilaksanakan.

“Ini menjadi bukti bahwa pemko cukup konsen dalam membangun mental dan spiritual masyarakat serta tak pernah lupa dalam membangun bidang keagamaan dan kebudayaan di kota ini. Kami atas nama masyarakat sangat berterima kaaih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian bidang keagamaan ini,” ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, dengan MTQ ini tentunya diharapkan dapat terwujud generasi Qurani yang selalu meningkatkan kecintaannya terhadap Al Quran mulai dari mempelajarinya, membacanya serta mengamalkan isi kandungan Al Quran itu dalam kehidupan sehari hari.

“MTQ Ini menjadi salah satu upaya untuk menjaring bakat dan bibit kafilah yang dapat mewakili Bukittinggi dalam MTQ tingkat provinsi Sumatra Barat yang akan dilaksanakan di Kota Padang Panjang 2021 mendatang,” ujar Ramlan.

Lebih lanjut, Wako menambahkan, Pemko Bukittinggi memang tak pernah melupakan kegiatan pembangunan non fisik. Banyak dana yang telah dianggarkan untuk membantu pembangunan masjid, sekolah yang dilengkapi mushalla. Selanjutnya juga dianggarkan untuk pembinaan kafilah dan pembangunan masyarakat melalui sekolah keluarga yang juga tak luput dari ilmu agamanya.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengapresiasi pelaksanaan MTQ di Kota Bukittinggi karena menjadi daerah pertama di Sumbar yang melaksanakan MTQ. Arti MTQ bukan hanya perlombaan, tapi bagaimana implementasi dari Al Quran dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda.

“Terima kasih kepada Pemko Bukittinggi yang telah melaksanakan kegiatan MTQ ke 39 ini. Kami dari provinsi juga berterima kasih kepada pemko Bukittinggi yang telah menganggarkan dana untuk pembangunan spritual masyarakat. Buktinya sekarang setiap pembangunan sekolah dibangun mushalla yang representatif, untuk mencetak generasi muda yang cerdas, beraqidah baik berlandaskan Al Quran. Semoga MTQ ke 39 kota Bukittinggi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi dan sukses hasil,” ungkap Wagub. (Sy/014)

Post a Comment

0 Comments