Wawako Erwin Yunaz Grand Opening Sanggar Seni Rajo Batuah.

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz meresmikan Grand Opening Sanggar Seni Rajo Batuah di halaman Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh,Minggu(9/2/2020).

Saat peresmian, Wakil Wali Kota hadir didampingi oleh Plt.Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Andiko Jumarel, Kabid Kebudayaan Doni Saputra dan Pimpinan Sanggar Seni Rajo Batuah Ayang Masita.

Acara peresmian Sanggar Seni Rajo Batuah ditandai dengan penabuhan gendang oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh sebagai tanda sanggar Seni Rajo Batuah resmi dibuka. 

Dalam sambutannya Erwin Yunaz mengatakan sangat peduli dengan pelestarian dan perkembangan budaya. Serta pemanfaatannya seni sebagai atraksi pariwisata budaya. Apalagi yang mampu melibatkan masyarakat dan dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Erwin juga berterima kasih kepada Pimpinan Sanggar Seni Rajo Batuah Ayang Masita yang telah membantu melestarikan, mengembangkan mengangkat dan mengenalkan kebudayaan Indonesia khususnya kebudayaan adat minangkabau . Dan kedepan Sanggar Seni Rajo Batuah  bisa menjadi kebanggan warga Kota Payakumbuh. 

"Saya mengapresiasi sebesar-besarnya kepada ibuk Ayang Masita selaku pimpinan sanggar karena dari sini kita sudah mulai bisa mengenalkan dan melestarikan serta memanfatkan budaya Indonesia kepada anak-anak dan generasi muda kita sebagai warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya," ujar Erwin

Pimpinan Sanggar Seni Rajo Batuah Ayang masita menjelaskan Sanggar ini berlokasi di Kelurahan Balai Panjang dan tempat latihan di Kantor Lurah Labuah Basilang. Sanggar ini baru berdiri sejak 6 bulan lalu dengan anak didik sanggar sebanyak 7 orang.  Awalnya kami mendirikan sanggar ini untuk memotivasi anak-anak yang jiwa seninya jauh dari yang kami harapkan, Maka dari itu terinspirasilah kami untuk merangkul anak nagari untuk memunculkan jiwa seni dalam dirinya masing-masing.

"Alhamdulillah berkat keyakinan kami merangkul anak-anak mendalami arti seni Minangkabau, Maka saat ini anak didik kami sudah mencapai 60 orang,"ujar Ayang

Ayang menambahkan Besar harapan kami kepada OPD terkait yaitu Dispapora untuk nantinya bisa  bekerjasama dibawah binaan Dispapora.

Pada Grand Opening Sanggar Seni Rajo Batuah Ini juga diadakan lomba Tari Pasambahan dan Lomba Baju Kuruang tingkat Sumatera Barat. Dimana lomba ini diikuti oleh anak-anak didik sanggar yang berasal dari Payakumbuh,Kabupaten lima puluh Kota, Bukittinggi, Padang Panjang, dan Pariaman. Dari perlombaan ini akan diberikan hadiah berupa produk kecantikan Inez, Tropy dan tabanas.(014)

Post a Comment

0 Comments