TNI Perkenalkan Manfaat Kiambang Bareh Kepada Warga

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Membantu masyarakat meningkatkan kualitas pakan ternak yang sehat dan murah, Babinsa Koramil 01/Pyk mengenalkan Azolla atau dikenal dengan kiambang bareh. 

Babinsa Sertu Eko Prasetyo turun tangan langsung membantu masyrakatnya yang ingin beternak ayam maupun itik dengan mengenalkan tanaman air yang kaya akan nabati yaitu kiambang bareh di Kelurahan Parik Rantang, Rabu (12/2/2020).

"Azolla adalah makanan ternak baik ikan, ayam, itik, dan sapi. Azolla sangat baik untuk digunakan karena mengandung nilai protein yang sangat tinggi, apa lagi dengan kesibukan kita yang sangat padat, azolla tersebut sangat baik bila dipermentasikan dengan bios-44 ataupun EM4 (efective microorganisms- 4) sehingga pakan ternak tersebut bisa tahan sampai berbulan bulan dan membuat pekerjaan peternak bisa lebih ringan lagi," ujar Sertu Eko Prasetyo.

Yosep, seorang peternak itik yang sudah memakai Azolla mengatakan sangat terbantu dengan terobosan yang dibuat dan diberikan babinsa, dirinya sangat mengharapkan pembinaan dan bimbingan TNI.

"Selama ini dengan bantuan dan bimbingan Sertu Eko Prasetyo hasil jual panen kami lebih meningkat dan pekerjaan lebih ringan lagi sehingga pekerjaan lainpun bisa kami kerjakan," katanya.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe S.A.P melalui Dandramil 01/Pyk Kapten Czi Joni Forta MP mengatakan setiap anggota babinsa akan membantu kesulitan warga disekitarnya dan setiap tindak-tanduk dan perbuatan juga harus selalu berpedoman pada sapta marga dan 8 wajib TNI.

Sementara itu tokoh masyarakat setempat Bapak Sadri mengatakan kepercayaan masyarakat terhadap anggota babinsa sangat tinggi saat ini.

"Kami juga mengharapkan kegiatan dan sosialisasi seperti ini tetap kita jaga demi masyrakat agar berkehidupan yang lebih baik lagi," pungkasnya. (rel/014)

Post a Comment

0 Comments