Puluhan Remaja Ikut Pemilihan Duta Genre Kota Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Puluhan remaja di Kota Payakumbuh mengikuti pemilihan Duta Genre  (Generasi Remaja) tahun 2020 di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Kota Payakumbuh, Selasa(11/2/2020)

Peserta yang ikut dalam pemilihan Duta Genre Kota Payakumbuh terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA sebanyak 50 orang yg telah diseleksi menjadi 30 orang.

Kepala DP3P2KB Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kabid pengendalian penduduk dan keluarga berencana Herijon mengatakan di Kota Payakumbuh Pemilihan Duta Genre baru digalakkan di tahun 2020.

Herijon menjelaskan Genre merupakan suatu program dari BKKBN pusat Kepada OPD yang ada di Kabupaten/Kota yang sasaran programnya adalah terwujudnya tegar remaja dimana para remaja akan diberikan pembinaan dan pengetahuan untuk menghindari pernikahan dini, Seks Pra nikah dan penggunaan NAPZA.

Ditambahkannya Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

“Program GenRe adalah suatu wadah dalam pengembangan karakter bangsa. Melalui wadah ini kami mengajak kepada remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan napza. Hal itu tentunya untuk menciptakan remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan,” ucapnya.

Menurut Herijon Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada remaja yang aktif dalam kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja, khususnya dalam mengembangkan program Genre.

Mereka yang menjadi duta Genre, kata Herijon, juga akan menjadi motivator untuk menyampaikan pesan-pesan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Remaja Indonesia saat ini adalah generasi milenial, generasi yang hidup di alam keterbukaan, kebebasan berekspresi, dan dibanjiri beragam informasi yang tentunya muncul beragam persoalan di kalangan remaja.

“Hanya saja jika remaja  menjadi Generasi Berencana, saya berharap mampu menjadi remaja yang tangguh siap menghadapi masa depan dengan terencana,” jelasnya.

Menurut Herijon, melalui pemilihan Duta GenRe ini, para remaja dapat memiliki perencanaan dalam hidupnya. Pihaknya juga mengajak generasi muda merencanakan hidup dengan matang.

“Tantangan saat ini cukup berat bagi generasi muda. Perkembangan teknologi dan kebebasan harus disikapi dengan bijak, jangan larut, hidup adalah pilihan, pilihan adalah perencanaan,” katanya.

Program Genre meliputi Life Skill, Kesehatan Reproduksi Remaja, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, dan Kependudukan dan pembangunan keluarga. Melalui Program ini, remaja dibina serta diarahkan agar mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja.

“Program ini diterapkan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Metodanya dengan cara pendekatan dari, oleh dan untuk remaja. Hal itu menyesuaikan dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebayanya,” ujar Herijon

Ada beberapa tahapan yang di lakukan dalam pemilihan Duta Genre kota Payakumbuh Tahun 2020 yaitu akan dilakukannya teknikal meting yang akan diadakan pada tanggal 13-16 Februari 2020  di aula DP3AP2KB.

Pada teknikal meting kita mmberikan pengarahan dan ilmu  apa saja yg harus dimiliki oleh calon duta genre.

"Tahap selanjutnya akan dilakukan karantina, di tahap inilah kita menyeleksi dengan cara memberikan materi dan menguji anak-anak tersebut dan menyeleksi siapa yang akan menang dan menjadi duta Genre kota Payakumbuh yang akan berlaga  memperebutkan predikat Duta Genre tingkat Provinsi Sumatera Barat di bulan April mendatang,"pungkas Herijon.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.