Pemko Bukittnggi Gelar Ajang Apresiasi Duta GenRe

IMPIANNEWS.COM
Bukittinggi, --- Pemko Bukittinggi melalui Dinas P3APPKB kembali melaksanakan Ajang Apresiasi Duta GenRe Kota Bukittinggi Tahun 2020. Ajang itu dibuka Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Yessi Ramlan Nurmatias pada Kamis (06/02/2020) di Hall Badan Keuangan.

Kepala Dinas P3APPKB Tati Yusmarni melaporkan, Ajang Apresiasi Duta GenRe Kota Bukittinggi diadakan guna mendukung Program Ketahanan Remaja dan Pemberdayaan Keluarga melalui Pengembangan Pusat Informasi Konseling Remaja. Fokus program GenRe adalah Triad KKR (tidak menikah di usia anak, menjauhi pergaulan bebas dan penyimpangan seksual dan menjauhi Napza).

Menurut Tati Yasmarni, tahun ini pendaftar yang berminat mengikuti ajang cukup banyak. Dari seratus lebih pendaftar, setelah dilakukan seleksi maka ada 20 orang peserta yang berhak mengikuti pembekalan. Kuota Finalis menurut Tati memang 30 orang, namun demi mendapatkan duta terbaik maka hanya diambil finalis 20 orang saja.

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi yang juga merupakan Bunda GenRe, Yessi Ramlan Nurmatias mengatakan Pemerintah Daerah diamanatkan menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Agar dapat mendukung keluarga melaksanakan 8 fungsi keluarga, sehingga akan dihasilkan keluarga yang berkualitas yang pada akhirnya melahirkan generasi yang lebih baik dan berkarakter.

Menurut Yessi, saat ini remaja hidup pada zaman yang jauh berbeda dari generasi orang tua. Perbedaan itupun melahirkan perbedaan pengetahuan antara orang tua dan anak yang sering kali tidak selaras dan sejalan. Remaja memerlukan pembinaan dan penguatan kapasitas agar siap menghadapi tantangan zaman sekaligus mempersiapkan diri membangun keluarga berkualitas di masa datang.

Karena itu program Generasi Berencana (GenRe) itu menurut Yessi sangat tepat dikembangkan. Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingaa mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan repsroduksi.

Yessi pun mengharapkan, Duta GenRe nantinya mampu menjadi motivator dan konselor bagi diri dan lingkungannya, terutama bagi kawan sebaya. Hasil pembekalan yang diterima harus diapliksikan dalam kehidupan sehari-hari. Jadilah orang pilihan yang luar biasa dimanapun berada dan sampai menutup usia. Terutama dalam memasuki tahun Bonus Demografi, sehingga Bonus Demografi itu kita sambut dengan positif dan bangga.

Kegiatan pembekalan telah berlangsung sejak Rabu (05/02) yang menghadirkan materi dari Ketua LKAAM H. Syahrizal Dt. Palang Gagah tentang Remaja di Minangkabau. Juga beberapa materi lain seperti materi psikologi, pembekalan duta GenRe, sharing Session Life Skill, Public Speaking, menjadi pendidik sebaya atau fasilitator PIK Remaja dan beberapa diskusi. (rel) 

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.