Dubes Amerika Serikat Pamit dari Indonesia

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Duta Besar Joseph R. Donovan dan Gubernur Anies Baswedan saat peresmian Gedung Sjahrir di Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. (Kedutaan Besar Amerika Serikat)

Diplomat karir.

IMPIANNEWS.COM (Jakarta).

Tepat di Hari Valentine, Joseph R. Donovan Jr mengakhiri tugasnya sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia. Ini seiring dengan masuknya masa purna tugas Joseph, setelah 44 tahun berkarir di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Dilantik pada 4 November 2016 lalu, Duta Besar Donovan merupakan diplomat karir dinas luar negeri setingkat 'Class of Minister-Coounselor'.

"Dengan berat hati saya mengucapkan sampai ketemu lagi dan selamat tinggal Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (14/2/2020).

Menjabat sebagai duta besar selama kurang-lebih tiga tahun tiga bulan, ia merasa terhormat bisa berdinas di Indonesia.

"Bertugas sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia telah menjadi suatu kehormatan, dan setelah tiga tahun di negara yang luar biasa ini, saya yakin bahwa kemitraan AS-Indonesia luar biasa menjanjikan bagi kedua bangsa kita,” tandasnya.

Sebelum dipercaya sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Donovan sempat menduduki sejumlah jabatan strategis.

 Mulai dari Kepala Divisi Politik/Militer Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jepang, Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang, Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Hong Kong, hingga Penasehat Kebijakan Luar Negeri untuk pemimpin Kepala Staf Gabungan di Pentagon.

Untuk mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Donovan, Wakil Duta Besar Amerika Serikat Heater Variava akan mengemban tugas sebagai Kuasa Usaha Ad Interim.

Rencananya, posisi Donovan akan digantikan oleh Sung Yong-kim (Duta Besar Amerika Serikat untuk Filipina), yang telah ditunjuk oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Namun, masih perlu persetujuan dari Senat Amerika Serikat. (***)

#taf

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.