Cegah Kebutaan, Pemko Payakumbuh Bagikan Vitamin A Secara Gratis

IMPIANNEWS.COM
"Dinkes Sukseskan Bulan Vitamin A, Ayo Bawa Balita ke Posyandu"

Payakumbuh, --- Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh gencar menggalakkan bulan pemberian vitamin A. Dimana seluruh anak yang berusia 6 bulan sampai 59 bulan akan mendapatkan vitamin A gratis di posyandu atau puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kabid Kesmas dan P3 Hefi Suryani saat ditemui, Selasa(4/2/2020) mengatakan pemberian kapsul vitamin A gratis itu untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh bagi balita dalam melawan penyakit. Serta mencegah terjadinya kebutaan akibat kekurangan vitamin A.

“Kegiatan ini merupakan program rutin pihaknya setahun dua kali yakni Februari dan Agustus, dibagikan kepada bayi di bawah lima tahun,” kata dia.
Menyukseskan program ini, pihak Dinas Kesehatan mengharapkan adanya partisipasi aktif dari kaum ibu dengan membawa buah hatinya ke posyandu terdekat.

“Kami mengingatkan, agar sepanjang bulan Februari ini, bagi ibu-ibu yang memiliki anak balita bisa datang ke posyandu, Puskesmas dan rumah sakit untuk mendapatkan vitamin A,” ujarnya.

Menurut data WHO, diperkirakan terdapat 250 juta anak pra-sekolah di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin A. Setiap tahun terdapat sekitar 250.000 – 500.000 anak mengalami kebutaan dan separuh anak ini kemudian meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A.

Di Indonesia program suplementasi vitamin A aktif dikampanyekan sejak 1970-an dan masih terus digalakkan hingga saat ini.
Hefi menjelaskan, vitamin A atau retinol adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak, di dalam tubuh disimpan di hati.

Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan antibodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

“Vitamin A juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan kulit, menjaga kesehatan mukosa saluran pernapasan, berperan dalam proses perkembangan embrio dan reproduksi. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh,” ungkapnya.

Selain diberikan pada anak usia di bawah lima tahun setiap 6 bulan, ibu hamil dan ibu nifas, Vitamin A juga diberikan pada keadaan tertentu seperti pada anak dengan kasus xeroftalmia, campak dan gizi buruk (marasmus, kwashiorkor dan marasmik kwashiorkor).

“Bagi ibu-ibu yang memiliki bayi dan balita bisa segera membawa anaknya ke Posyandu, Pustu atau Puskesmas untuk mendapatkan vitaminnya secara gratis sepanjang bulan Februari ini,” pungkasnya.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.