Tampung Aspirasi, Kepala Dinas Pasar Rakor dengan Pokja Pasar Sehat

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Optimalisasi pembangunan di pasar Kota Payakumbuh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Pasar, Herlina diwakili Kabid Pasar Arnel mengundang kelompok kerja pasar sehat Kota Payakumbuh dalam rapat koordinasi. 

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di ruang kerja Kabid Pasar, Rabu (08/01/2020) siang dihadiri koordinator Los Daging, Dedi Hendri, koordinator Pasar sayur, Yunizar Mangkuto Sutan akrab disapa Can, koordinator pedagang Ibuh Timur Yurianto akrab disapa Eri, koordinator los ikan Epi dan Mancun serta koordinator Pasar pusat.

Kabid Pasar, Arnel didampingi Kasi Prasarana dan Sarana Pasar, Ayusman Prima sampaikan terima kasih dari kami bidang pasar Dinas Koperasi & UKM kepada perwakilan pedagang yang hadir memenuhi undangan kami dalam rangka silaturrahmi sekaligus membicarakan program bidang pasar kedepannya.

"Dalam melakukan pembangunan Pasar di Kota Payakumbuh butuh sinergitas antara Dinas terkait dengan Pedagang. Baik di Pasar pusat dan Pasar Ibuh. Haris tetap terjalin silaturahim dan sinergitas agar pembangunan memenuhi azas manfaat. Masukan dan  kritikan harus ada untuk kebaikan bersama. Program pemerintah kota dan pedagang sesuai dengan perencanaan, agar tidak bongkar pasang. Terpenuhinya azas manfaat, pastinya pedagang dan pengunjung nyaman dengan segala aktifitas dan transaksi pasar. Masukan pedagang sangat dibutuhkan oleh Dinas Pasar Payakumbuh,"sebut Arnel. 

Dari pantauan di lokasi, Pak Can yang sudah berjualan berdagang sayur di Ibuah Timur sejak 1987 mewakili pedagang mengusulkan agar atap kanopi dapat dipertinggi. Rendahnya atap membuat cuaca panas dan berpengaruh pada kesegaran sayur. 

Sementara Epi kesempatan itu berharap agar lantai di bangunan Pasar Ibuh Timur dapat dipertinggi. Dirinya juga berharap agar fasilitas pasar yang pernah diusulkan dapat didengar serta dipenuhi di tahun 2020.

Sedangkan, Dedi Hendri selaku perwakilan pedagang di los daging berharap agar lokasi di depan los daging bisa di kanopi demi kenyamanan pembeli. Dirinya juga berharap agar kemungkinan penyumbatan air di riol Pasar Ibuh Barat dapat dicarikan solusinya, karena di musim hujan kemaren kawasan ini sempat macet. 

Kesempatan itu, Pokja Pasar Sehat berharap pembangunan di pasar harus diupayakan sesuai selera pedagang, karena kondisi lapangan lebih dipahami pedagang dibanding petugas. 

Dalam rakor siang itu, Kabid Pasar Arnel menyampaikan terima kasih atas kerjasama Pokja Pasar Sehat dalam menyukseskan tusi Bidang Pasar. 

"Pembangunan di Pasar selama ini sudah sesuai harapan pedagang. Kita sudah bangunkan kanopi, pasang CCTV 18 titik, pembangunan portal, penanggulangan banjir serta fasilitas parkir. Kedepan, dalam perencanaan kita akan rancang lokalisasi parkir representatif lengkap dengan penempatan petugas kita. Pedagang mingguan juga kita lokalisasi dengan memanfaatkan lahan secara efektif. Kita akan koordinasikan dengan OPD terkait dalam meminimalisir masalah yang dijumpai di lapangan,"sebut Arnel yang besar dan tumbuh di pasar dimasa remajanya. 

Kabid Pasar Arnel mengungkapkan bahwa bidang yang dipimpinnya saat ini akan berupaya memaksimalkan layanan demi kemajuan pasar Payakumbuh. Dirinya menyebutkan bahwa bidang Pasar tidak anti kritik. Bidangnya akan menyiapkan saluran khusus untuk penyampaian kritik dan saran. Selain itu, bidang Pasar akan berlakukan zona di pasar. Zona tersebut akan dipetakan dulu. 

"Usulan perwakilan pedagang pasar sudah kita tampung. Selanjutnya akan kita sampaikan kepada pimpinan. Kalau ada yang tertinggal akan kita jemput ulang (relokasi pedagang yang dipindahkan ke terminal sago). Kita butuh mereka (pedagang) dalam mensukseskan tusi Dinas, khususnya bidang pasar. Tiada henti kita bersinergi, bersosialisasi dengan pedagang. Tujuannya adalah bagaimana pembangunan tepat sasaran dan bermanfaat dalam jangka panjang,"pungkas Arnel.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.