Peringatan Peristiwa Situjuah ke 71 Direncanakan Dihadiri Presiden

IMPIANNEWS.COM
*Siaran Pers*
"Partisipasi Rakyat Tembus Rp2 Miliar, Situjuah Batua Barolek Godang Dimulai"

Limapuluh Kota, ---Agenda Situjuah Batua Barolek Godang 2020 resmi dimulai, Sabtu (12/1/2020).

Acara ini, bakal berlangsung hingga 20 Januari mendatang. Puncaknya, saat  peringatan Peristiwa Situjuah ke 71 pada 15 Januari.

Tidak tanggung-tanggung partisipasi masyarakat dan peredaran uang dalam acara tersebut, menembus Rp2,4 miliar. Setara dengan setahunan nilai APB-Nagari.

"Hari ini, secara resmi kita launching Situjuah Batua Art and Culture Festival. Ivent kolaborasi budaya, seni dan pariwisata. Ada arak iriang niniak mamak, bundo kanduang dan anak keponakan," kata DV Dt Tan Marajo, Walinagari Situjuah Batua, Situjuah Limo Nagari, Limapuluh Kota, Sumbar.

Menurut Tan Marajo, Situjuah Batua Art and Culture Festival, merupakan ivent yang digagas Ikatan Keluarga Situjuah Batua (IKSB) Jabodetabek serta Nusantara dan Luar Negeri dengan anak Nagari.

Acara ini diprakarsai oleh perantau sekelas Hakim Agung RI Irfan Fachrudin, Direktur Kehakiman Mahkamah Agung Haswandi Dt Marajo nan Rambaian, Doffi Johar Dt Rajo Mansua nan Bakuku Ameh, Feri Domnal, Bodi CH dan Muhammad Bayu Vesky.

Hadir dalam acara ini, Pucuak Adat Situjuah Batua Dt Udo, Wagub Sumbar Nasrul Abit, perantau IKSB di Jerman dan beberapa wilayah di Tanah Air, Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintahan Nagari serta tidak kurang dari 5.000an orang masyarakat.

"Pelaksanaan Situjuah Batua Barolek Godang, rangkaiannya ada 3 kegiatan. Pertama tanggal 12 Januari, atau hari ini. Kedua tanggal 13 Januari Batagak Panghulu dan terakhir 15 Januari Upacara Peristiwa Situjuah ke-71," jelas Tan Marajo.

MENKO MARITIM
Peringatan Peristiwa Situjuah ke-71, dalam jadwalnya bakal dipimpin Irup Jendral TNI Purn Luhut Binsar Panjaitan yang juga Menko Maritim.

"Melalui orang-orang beliau, dan jejaring yang ada, kami diinfokan H-5 acara, jika pak Luhut ada kunjungan ke Abu Dhabi Uni Emirat Arab mendampingi Bapak Jokowi Presiden. Sungguhpun begitu, semangat peringatan Peristiwa Situjuah tetap kota kobarkan," kata Tan Marajo.

Sebelumnya, Walinagari Tan Marajo, pada 2019 lalu juga berkirim surat ke Presiden Joko Widodo. Surat itu, berisi permintaan agar Jokowi memimpin upacara peringatan Peristiwa Situjuah sebagai rangkaian PDRI 1948-1949.

Oleh Presiden Jokowi, diutus Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI Purn Moeldoko, Wamen ESDM Archandra Tahar dan eks Menteri Bappenas Andrinof Chaniago (Komut BRI).

"Tahun 2020, kami juga kirimkan surat ke pak Presiden dan ke pak Menko Maritim," imbuh Tan Marajo.

Menko PMK Muhadjir Effendi sebelumnya, juga diharap menjadi Irup. "Benar, surat Pak Walinagari ada masuk. Tapi, tanggal 15 Januari, saya ada kegiatan yang sudah terjadwal. Hakikatnya, kami mendukung penuh kegiatan tersebut," kata Menko PMK kepada wartawan.

LOMBA FOTO DAN RITUAL BUDAYA
Situjuah Batua Art and Culture Festival 2020, diisi dengan beragam acara dan ritual budaya. Termasuk, ada pertunjukan silek lanyah, hingga lomba foto nasional.

"Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh donatur, atas support moril dan materilnya. Sehingga ivent perdana ini bisa kita laksanakan," kata panitia Festival, Bodi CH dan Feri Domnal serta Dodi Dt Katumangguangan. (rel)

Post a Comment

0 Comments