Menhan AS: Tak Ada Bukti Iran Rencanakan Serang 4 Kedubes AS

IMPIANNEWS.COM (WASHINGTON).

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper menyatakan tidak melihat bukti spesifik dari pejabat intelijen, bahwa Iran berencana untuk menyerang empat kedutaan AS.

 Namun, ia mengaku setuju dengan Presiden AS Donald Trump bahwa serangan lanjutan terhadap Kedutaan Besar AS mungkin dilakukan.

Esper mengatakan pada CBS's "Face the Nation", bahwa pernyataan Trump kepada Fox News tidak didasarkan pada bukti spesifik tentang serangan terhadap empat kedubes AS. 

"Apa yang dikatakan presiden adalah bahwa mungkin ada serangan tambahan terhadap kedutaan. Saya berbagi pandangan itu. Presiden tidak mengutip bukti spesifik,” kata Esper, Minggu (12/1).

Ketika ditanya apakah pejabat intelijen menawarkan bukti konkret tentang hal itu, dia berkata, "Saya tidak melihat satu pun mengenai empat kedutaan."

Sejak mengkonfirmasi bahwa pemimpin militer Iran Qassem Soleimani telah terbunuh oleh serangan drone AS di Baghdad, para pejabat administrasi telah mengklaim bahwa mereka bertindak karena risiko serangan yang akan segera terjadi terhadap para diplomat dan anggota layanan AS di Irak dan di seluruh wilayah.

Sebelumnya pada Jumat pekan lalu, Trump mengatakan, Iran mungkin telah menargetkan kedutaan AS di Baghdad dan bertujuan untuk menyerang empat kedutaan AS, sebelum Soleimani terbunuh.

"Kami akan memberi tahu Anda mungkin itu akan menjadi kedutaan besar di Baghdad," kata Trump dalam sebuah klip wawancara di Fox News. "Saya dapat mengungkapkan bahwa saya percaya itu akan menjadi empat kedutaan."

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.