Media Iran: Pesawat Perang AS Terbakar Usai Serangan Rudal

IMPIANNEWS.COM  (Teheran).

Pesawat-pesawat tempur milik Amerika Serikat (AS) dikabarkan terbakar usai Iran menembakkan rudal dengan target pangkalan militer AS di Irak.

Informasi ini dikabarkan oleh media Iran Republic News Agency (IRNA), Rabu (8/1/2020). IRNA mengutip informasi dari sejumlah sumber.

Laporan pendahuluan menyebut kebakaran ini terjadi usai Korps Pasukan Revolusi Islam Iran (IRGC) menargetkan pangkalan militer AS di Irak barat. IRGC menyatakan akan memberi keterangan lengkap tentang serangan itu.

Iran dalam pernyataannya menegaskan bahwa 'puluhan rudal' diluncurkan terhadap target pangkalan udara Ain al-Asad di Irak, yang menjadi markas tentara AS sebagai balasan atas serangan drone AS yang menewaskan Mayor Jenderal Qasem Soleimani. 

Iran juga menjanjikan bahwa 'respons yang lebih menghancurkan' akan diberikan jika AS melancarkan serangan lebih lanjut.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan 'semuanya baik' setelah Iran melancarkan serangan rudal yang menargetkan dua markas tentara AS di Irak. Trump juga menyatakan bahwa penaksiran korban dan kerusakan akibat serangan rudal Iran, masih berlangsung.

"All is well! Rudal-rudal diluncurkan dari Iran terhadap dua pangkalan militer yang berlokasi di Irak," tulis Trump dalam komentarnya via Twitter, seperti dilansir AFP, Rabu (8/1/2020).

"Penaksiran jumlah korban jiwa dan besarnya kerusakan sedang dilakukan sekarang. Sejauh ini, begitu baik! Kita memiliki militer paling kuat dan paling dipersenjatai di dunia, sejauh ini!" tegas Trump dalam pernyataannya.

Sejauh ini, sebut Pentagon, belum ada laporan korban jiwa akibat serangan rudal Iran tersebut.

Otoritas AS belum memberikan tanggapan atas laporan IRNA tersebut.
[dtk]


Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.