Longsoran Tebing Timpa Badan Jalan Provinsi di Kecamatan Palembayan

IMPIANNEWS.COM
Agam, --- Jalan akses terdekat Bukittingi - Pasaman Barat melalui jalan Provinsi Kecamatan Palembayan ini kita masih perlu banyak kehati-hatian dalam berkendaraan dikarnakan kondisi jalan sudah mulus dan bagus. 

Pada malam hari minimnya lampu penerangan jalan dan banyaknya sisi jurang dan belokan yang kita lalui dan tidak terlihat rambu - rambu di pingir jalan maupun pembatas jalan.

Tidak itu saja disalah satu jalan kita temui adanya penyempitan jalan di akibatkan lonsor timpa badan jalan di Nagari Baringgin Kecamatan Palembayan.

Jalan di lokasi itu baru saja diperbaiki oleh Dinas PU Provinsi Sumbar tahun 2018 silam, namun saat ini longsoran tebing jalan yang menimpa badan jalan masih terongok tumpukan tanah dan batuan besar dipingir atau terletak separoh badan jalan tersebut. 

Kondisi ini sangat membahayakan para pengendara dikarnakan lokasi longsoran yang menimpa badan jalan itu tidak jauh dari tikungan dan persimpangan jalan kepemungkinan warga sekitar.

"Bekas tebing longsor menimpa jalan Provinsi Kecamatan Palembayan ini sudah satu tahun ini belum ada terlihat perbaikan atau pembersihan jalan dari pihak terkait BPBD Provinsi Sumbar".


Dilihat di lokasi longsoran saat ini Minggu, 12 Januari 2020 sebagian lonsoran itu udah di tumbuhi semak dan badan jalan kwalitas provinsi menjadi sempit. Kalau terus-terus adanya pembiaran lonsor jalan Provinsi Kecamatan Palembayan ini akan mengakibatkan rusaknya badan jalan yang baru satu tahun lebih ini diperbaiki, itu dikarnakan saluran air (Bandar) pada pingir jalan tidak berfungsi lagi tersumbat oleh lonsoran tebing diakibatkan air mengalir ke badan jalan saat hujan.

"Saat ini sudah ada terlihat sebagian jalan dan pingir jalan sudah mulai rusak tergerus air yang melewati".

Semoga asil kontrol sosial dari Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP) dan berbagi informasi positif untuk kepentinggan orang banyak ini mendapatkan respon positif juga dari pihak terkait Pemprov Sumbar,  Pupr dan BPBD Sumbar.(rel) 

By. Ketua Umum GPPKP

Post a Comment

0 Comments