DBD Mewabah di Talawi, Nyamuk Emang Tak Pandang Bulu

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kepala Puskesmas Tarok Sri Maryanti melalui penanggungjawab program Kesling, Maharani dan Fauzan melakukan kunjungan ke MTsN 2 Payakumbuh bersama rekan kerja bagian Promkes Fely bersama tim Surveyland Sintia Safitri dan Deri Rahmatullah.

Kehadiran tim pemantau jentik DBD di MTsN 2 Payakumbuh disambut Kepala madrasah Yenni Fitri bersama Murda Ayudi didampingi Pembina UKS, Rika Sesti Fouzi bersama Desi Angraini. Dari data Puskesmas Tarok dan Pustu Talawi, ada beberapa warga sempat terjangkit DBD di RW III Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah. 

Diterangkan Fauzan, anggota tim pemantau jentik, bahwa kawasan Talawi beberapa bulan belakangan terjangkit wabah DBD. Untuk itulah tim hadir di MTsN 2 Payakumbuh memberikan sosialisasi DBD, sekaligus memantau lokasi yang diduga bisa menjadi wadah penyebaran dan berkembangbiaknya jentik bakal nyamuk DBD. 

"Izin Bu, kami telah melakukan pemantauan jentik di beberapa titik di lingkungan madrasah. Dari itu kami merekomendasikan agar air yang tergenang untuk dievakuasi. Jika ada wadah penampung air, kami sarankan diisi ikan untuk memakan jentik. Aplikasi program 3M Plus adalah salah satu langkah terbaik mencegah DBD. Selain itu, menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi pasti lebih baik dari mengobati penyakit,"sebut Fauzan, Kamis (30/01/2020) siang. 

Diterangkan, nyamuk penyebar DBD biasanya menggigit siang dan sore hari. Sedangkan jentiknya berkembang pada wadah air tergenang yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah. 

"Bagaimana kalau Dinkes sesegeranya melakukan fogging (pengasapan),"usul Yenni Fitri. 

"Fogging adalah langkah ampuh, namun perlu pengkajian dalam, sesuai SOP. Ada sebagian warga yang kurang menyukai bau asap dari proses fogging,"balas Sintia Safitri. 

Kesempatan itu, tim pemantau jentik Puskesmas Tarok juga memberikan materi kepada penggerak UKS di MTsN 2 Payakumbuh. Kepala Puskesmas berharap agar Tim Jumantik (Juru Pemantau Jentik) MTsN 2 Payakumbuh mampu secara sukarela malakukan pemantauan jentik nyamuk di pekarangan madrasah. (014)

Post a Comment

0 Comments