Cegah Lonsor Dandim 0312/Padang Tanam Akar Wangi (Vetiver) Dan Tanaman Buah

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha pimpin langsung pelaksanaan penanaman tumbuhan akar wangi (Vetiver) dan tanaman buah di daerah rawan longsor Kampung Baru Kelurahan Bungus Selatan Kota Padang, Jumat 31/01/2020.

Penanaman Akar wangi (Vetiver) ini dilakukan sebagai aplikasi langsung dari kelanjutan program mitigasi bencana dari Kodim 0312/Padang untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi karena akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat yang cukup baik untuk menahan tanah.

Dandim 0312/Padang menyampaikan bahwa, Akar wangi (Vetiver) merupakan sejenis rumput-rumputan berukuran besar yang memiliki  akar yang mampu untuk menahan partikel-partikel tanah, sehingga dapat mencegah erosi, longsor dan banjir.

Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai bentuk kondisi tanah seperti areal perbukitan, dataran rendah dan tinggi serta daerah rawa dan bahkan pada bantaran sungai. Jika ditanam rapat atau berdekatan, akan membentuk pagar yang mampu mengurangi kecepatan aliran air.
“Selain untuk mitigasi bencana, akar dari tanaman Vetiver ini juga bisa membantu ekonomi masyarakat yaitunya  sebagai bahan baku minyak wangi. ”. Kata Dandim 0312/Padang.

Ditempat yang sama Camat Bungus Teluk Kabung M Latif S.Sos menambahkan bahwa “program ini akan dikembangkan dan tidak hanya sampai disini saja, tumbuhan akar wangi (Vetiver) ini akan dilanjutkan penanaman di bukit-bukit yang lain seperti dikiri-kanan jalan wisata menuju sungai pisang, untuk itu saya minta kepada masyarakat bungus tolong dirawat tanaman ini dengan baik dan tidak dimusnahkan”. Harapan M Latif S.Sos

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kasiter Korem 032/Wirabraja, Camat Bungus Kapolsek Bungus, Danramil 07/Bungus, Ketua LPM, Ketua KAN, Lurah Jajaran Bungus, Babinsa Koramil 07/Bungus, Ormas Bungus serta anggota Pramuka dari SMAN 11 Bungus.(Ydr)

Post a Comment

0 Comments