Bupati Irfendi Harapkan Niniak Mamak Jadi Teladan

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi  berfoto bersama pengurus LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota 

IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Ninik mamak diharapkan benar-benar menjadi teladan bagi anak, kemenakan dan masyarakat di sekitarnya. Selain itu niniak mamak juga diharapkan membimbing dan menghindarkan anak kemenakan dari perbuatan negatif dan melanggar hukum.

Hal itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota H.  Irfendi Arbi dalam sambutannya pada acara pembukaan Musda XI LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota di gedung IPHI Center di Tanjung Pati,  Sabtu (28/12).

"Ninik mamak adalah orang yang ditinggikan seranting dan didahulukan selangkah. Karena itu,  niniak mamak harus dapat menjadi contoh teladan bagi anak kemenakan dan masyarakat termasuk menghindarkan anak kemenakan dari perbuatan negatif seperti narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya," tutur Irfendi.

Dikatakan Irfendi,  agar bisa menjadi panutan dan mengayomi, para  pemuka masyarakat tersebut dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan potensi diri dan kualitas SDM.

"Niniak mamak merupakan orang yang menjadi ka pai tampek batanyo, ka pulang tampek ba barito. Terkait dengan ini,  tentunya niniak mamak dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas SDM-nya, " papar Irfendi. 

Lebih lanjut Irfendi berharap,  niniak mamak juga semakin peduli dengan pendidikan anak dan kemenakan, serta peduli terhadap anggota kaumnya yang kurang mampu dan hiudp dalam kondisi keterbatasan ekonomi. 

"Kita tentu tidak mau ada anak dan kemenakan yang putus sekolah karena alasan tidak ada biaya. Selain itu kita juga tidak ingin ada warga yang tinggal di rumah tidak layak huni.  Hal ini hendaknya menjadi perhatian semua pihak termasuk niniak mamak, " ujar Irfendi.

Lebih jauh Irfendi meminta swkitar 200-an niniak mamak yang hadir dalam Musda itu untuk terus berperan dan mendukung pembangunan nagari.

"Kita tentu juga sangat berharap agar para penguhulu ini tetap mendukung dan berperan aktif dalam mensukseskan berbagai program pembangunan nagari dan daerah," lanjut Irfendi. 

Sementara itu salah seorang panitia acara Zulkifli, S.Pd, MM,  Dt. Rajo Mangkuto kepada wartawan mengatakan, Musda yang dihadiri swkitar 200 orqng niniak mamak itu telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi yang ditandatangani langsung Bupati Irfendi Arbi. 

Rekomendasi itu diantaranya,  LKAAM ke depan diharapkan memiliki program. Ke sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD sampai SLTA guna memberikan pengetahuan adat kepada siswa.  Hal ini sesuai dengan harapan Bupati Irfendi Arbi. 

"Selain itu Musda juga melahirkan rekomendasi mendorong Pemkab Limapuluh Kota untuk mengeluarkan Peraturan Bupati tentang KAN buat mendukung Perda 01 tahun 2018 tentang Pemerintahan Nagari dan lainnya, " ungkap Zulkifli Dt.  Rajo Mangkuto. 

Dalam Musda itu E Dt.  Tumbi dari Kenagarian VII Koto Talago Kecamatan Guguak terpilih sebagai Ketua LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota periode selanjutnya. (rel) 



Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.