SMKN 2 Payakumbuh Raih Penghargaan dari Balitbang Sumbar

IMPIANNEWS.COM
"Payakumbuh Kembali Raih Penghargaan Kompetisi Teknologi Tingkat Provinsi Sumatra Barat"

Padang, --- Setelah memenangkan penghargaan dalam iven Teknologi Tepat Guna (TTG) di kegiatan Jambore PKK Provinsi Sumatra Barat pada bulan Juli 2019 yang lampau, alat inovasi untuk membuat makanan khas daerah (Karak Kaliang) yang diciptakan SMKN 2 Kota Payakumbuh kembali meraih penghargaan dari Badan Penelitian Dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatra Barat dalam kompetesi karya inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) tahun 2019, Rabu (4/12/2019).

Dari 19 Kabupaten dan Kota se-Sumatra Barat yang mengikuti kompetesi tersebut, Kota Payakumbuh membawa 2 (dua) buah mesin inovasi yang diusung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ifon Satria Chan, M.Si melalui penjaringan yang dilaksanakan oleh Kasi Inovasi dan Teknologi Robby Hafanos, S. IP, M. CIO.

“Pemko Payakumbuh membawa 2 karya inovasi dari rekan-rekan di SMKN 2 Kota Payakumbuh, dan salah satu dari karya inovasi tersebut merupakan karya yang sudah sering mendapatkan penghargaan pada setiap kompetesi yang diikuti”, ucap Robby setelah menerima penghargaan langsung dari Gubernur di aula kantor Gubernur Provinsi Sumatra Barat.

Robby juga menyampaikan untuk karya inovasi yang dimaksud merupakan 2 (dua) buah mesin untuk pengolahan yakni mesin untuk membuat karak kaliang dan mesin press daun gambir.

“Untuk mesin press daun gambir ini baru selesai di kerja kan oleh rekan-rekan dari SMKN 2, dan Alhamdulillah pada iven yang pertama diikuti untuk mesin ini langsung menyabet penghargaan di awal kemunculan nya ke tengah publik”, ungkapnya.

Pada kompetesi yang dilaksanakan Balitbang Provinsi Sumatra Barat, 2 hasil karya inovasi Kota Payakumbuh masuk dalam penilaian 6 besar nominator terbaik pada iven tersebut.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tahap  penilaian urutan pemenang yang sebelumnya dilakukan tahapan presentasi pemamaparan inovasi oleh 5 inovator terpilih.

“Kota Payakumbuh langsung menyabet 2 penghargaan sekaligus untuk kedua mesin inovasi tersebut, dan hasil karya inovasi ini meraih penghargaan pada peringkat 4 dan 5 pada kompetesi yang dilaksanakan Balitbang Provinsi ini”, ujar Robby.

Untuk kepala Bappeda Ifon Satria Chan saat dihubungi Humas Kominfo turut menyampaikan bahwa lomba tersebut merupakan visi misi  Walikota Payakumbuh terkait penguatan inovasi daerah yang menjadi keinginan beliau untuk memunculkan inovator-inovator dikota Payakumbuh melalui iven-iven seperti ini. 

“Dan wujud keinginan Walikota Payakumbuh tersebut disambut langsung oleh Bappeda dengan akan mengadakan kompetisi inovasi  karya inovasi Kota yang Akan dilaksanakan oleh Bappeda Kota Payakumbuh pada tahun 2020 mendatang”, kata Ifon.

Sementara itu, sebagai penyelenggara kegiatan kompetesi karya inovasi ini, penyerahan hadiah langsung diserahkan oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

“Selamat kepada pemenang semua dalam kompetesi karya inovasi ini, semoga kedepannya semangat inovasi yang diraih saat ini menjadi cambuk semangat bagi daerah lainnya untuk menciptakan hasil karya yang lebih inovatif lagi”, ungkap Irwan.

Dipenghujung sambutannya, Irwan turut menyampaikan bahwa perlu semangat inovasi untuk daerah lainnya dalam upaya memberikan manfaat kepada semua orang. (rel/014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.