Siriah Carano Untuk Kakanwil dan Walikota Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Grup Tari Pasambahan MTsN 2 Payakumbuh sukses menjalankan tugas penyambutan tamu pemerintahan untuk kedua kalinya di tahun 2019. 

Grup dibawah asuhan Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri dibantu 4 orang guru kesenian ini mampu membuat kagum Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan Walikota Payakumbuh. 

Kebolehan 30 personil dalam melakoni tari pasambahan diiringi musik tradisional Minangkabau, serta siriah pinang dalam carano, mendapatkan acungan jempol dan apresiasi dari para tamu yang ikut didalamnya pejabat dari forkopimda Kota Payakumbuh. 

Kesuksesan pertama diraih saat Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Jufrimal mengamanahkan grup grup tari pasambahan MTsN 2 Payakumbuh melakukan penyambutan Kakanwil, Walikota Payakumbuh dan forkopimda pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) V tingkat provinsi Sumatera Barat yang dipusatkan di Kota Payakumbuh.

Sukses selanjutnya, juga diraih grup tari pasambahan madrasah yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah ini, dikala menyambut rombongan Kakanwil saat menghadiri pembukaan MPP Kota Payakumbuh sekaligus pembinaan pejabat jajaran kankemenag Kota Payakumbuh di Aula serbaguna, Selasa (17/12/2019).

Kesuksesan tersebut mendapat pujian dari Kepala Kanwil Kementerian agama provinsi Sumatera, H. Hendri saat dihubungi Tim Humas madrasah, Rabu (18/12/2019) via WA pribadi.

"Grup tari ini sangat bagus. Saat kami tanya Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, kami dapatkan keterangan bahwa grup tari Pasambahan ini berasal dari MTsN 2 Payakumbuh. Kamis ucapkan selamat dan sukses dalam menjalankan tugas. Kedepan kami harapkan lagi agar Kepala madrasah untuk melahirkan kader penerus. Keahlian itu mahal, makanya cari siswa yang berminat dan punya kompetensi. Ini akan bermanfaat bagi mereka mendatang,"ungkap Kakanwil Hendri.

Dikatakan Kakanwil, bahwa keahlian menari dan memainkan talempong sebagai tradisi khas Minangkabau. Agar tidak punah tentu kita pelajari dan lestarikan.

Pembawa carano Mardhatila Dinda didampingi Silfia Rahmadani dan Alya Syifa 
Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh Jufrimal juga membenarkan bahwa Kakanwil memuji grup tari ini.

"Ya, tadi Bapak Kepala Kanwil bertanya pada kami, dari mana asal grup tari pasambahan ini. Ya, langsung kita sebutkan bahwa berasal dari MTsN 2 Payakumbuh,"terang singkat Jufrimal.

Sebelumnya, pada momentum Hari Santri Nasional (HSN) V tingkat Sumbar tahun 2019, Walikota Payakumbuh Riza Falepi juga sampaikan rasa kagum.

"Inilah keahlian dan keterampilan khusus dan sangat berpengaruh pada kelangsungan kemajuan tradisi Minangkabau. Untuk itu kami menghimbau untuk ditingkatkan dan lestarikan, khususnya di MTsN Koto Nan Gadang atau MTsN 2 Payakumbuh, sekarang". Pungkas Riza Falepi.

Dari beberapa harapan tersebut, Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri berjanji akan terus membina secara berkesinambungan personil grup tari Pasambahan ini.

"Kita dan guru terkait akan terus membina dan melahirkan kader penerus. Sebenarnya kita juga punya grup seni randai dan seni lainnya. Termasuk beladiri,"jelas Yenni Fitri didampingi Kaur TU Murda Ayudi. (014)

Post a Comment

0 Comments