Puskesmas Sitiung I Raih Akreditasi Paripurna

IMPIANNEWS.COM
Dharmasraya, --- Setelah melewati tahapan penilaian Re-akreditasi Puskesmas, pada tanggal 18 hingga 20 November lalu, tibalah saatnya pengumuman hasil. Pada akhirnya Pusat Kesehatan Masyarakat yang beralamat di Kecamatan Sitiung Blok B Sitiung 1 Koto Agung tersebut meraih predikat Akreditasi dengan status Paripurna. 

Sungguh suatu prestasi yang amat dibanggakan oleh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, terutama pemerintah Daerah Dharmasraya, karena ini pertama kali puskesmas di Dharmasraya meraih nilai tertinggi yaitu Paripurna. Status akreditasi ini dikeluarkan oleh Kementerian kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Dr. Rahmadian. "Surat pengumuman status akreditasi paripurna tersebut sudah dikirim dari pusat melalui dinas Kesehatan Provinsi, kemudian langsung disampaikan kepada daerah," ujar Rahmadian. Menurutnya, saat ini baru ada empat puskesmas saja di Provinsi Sumbar yang telah meraih predikat paripurna.

Dijelaskan Dr. Rahmadian, pada penilaian yang lalu itu setidaknya ada tiga poin pokok yang telah memenuhi syarat pada Puskesmas Sitiung 1, yaitu pertama surveyor kemarin melihat langsung Administrasi dan Manajemen, kemudian kedua, upaya kesehatan perorangan, kemudian ketiga, upaya kesehatan masyarakatnya sendiri.

"Masa berlaku akreditasi ini selama tiga tahun, sejak saat dikeluarkannya putusan ini," tukuknya. 

Dengan telah diraihnya status akreditasi paripurna ini, sebut Rahmadian, tentu Puskesmas Sitiung I sudah membuktikan pelayanan yang berkualitas terhadap masyarakat, semasa penilaian berulang atau Re-akreditasi ini berlangsung.

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya ini berharap puskesmas yang lain secepatnya menyusul untuk naik status menjadi Paripurna.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.