Kumpulkan Pejabat Penting, Trump Bersiap Hantam China?

IMPIANNEWS.COM (AS).

Sebuah kabar terkini dari Washington menyebutkan, Presiden AS Donald Trump yang akan mengumpulkan sejumlah pejabat pentingnya menjelang batas waktu penaikkan tarif masuk atas produk China pada 15 Desember ke depan.

Laporan lebih jauh menyebutkan, beberapa pejabat penting yang akan terlibat dalam pertemuan tersebut adalah, Menteri Keuangan Steven Mnuchin, kepala kantor dagang Robert Lighthizer, serta penasehat senior Gedung Putih Larry Kudlow.

Sejumlah pihak menulai, langkah Trump dalam mengumpulkan pejabat pentingnya kali ini, yang sangat mungkin ditujukan untuki mendapatkan masukan terkit dengan imbas dari rencana penaikkan tarif masuk pada produk asal China.

Laporan terkait sebelumnya menyatakan, pemerintahan Trump yang berniat menaikkan tarif masuk produk China hingga senilai hampir $160 miliar mulai 15 Desember depan. 

Sementara jalannya perundingan dagang AS-China dalam beberapa pekan terakhir terlihat menemui kebuntuan untuk sekedar menyegel kesepakatan dagang parsial, penaikkan tarif masuk tersebut mulai dikhawatirkan pelaku pasar akan memantik perang dagang lebih intens.

Sebelumnya sejumlah pelaku pasar berharap terjadi penundaan pemberlakukan penaikkan tarif masuk tersebut, namun serangkaian kabar terkini menunjukkan tiadanya tanda-tanda untuk terjadinya penundaan tersebut.

Trump, nampaknya sedang berupaya mendapatkan masukan terkait dengan imbas pada kinerja perekonomian AS serta bursa saham bila penaikkan tarif masuk atas produk China diberlakukan sebagaimana dijadwalkan sebelumnya.

 Trump, nampaknya berniat meminimalisir imbas pada perekonomian AS sebelum menghantam China menjelang perayaan Natal.

Post a Comment

0 Comments