Kalaksa BPBD Sebut Lima Puluh Kota Rawan Bencana

IMPIANNEWS.COM.

Lima Puluh Kota, --- Berdasarkan pantauan cuaca  Sumatera Barat yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau maupun BMKG Maritim Teluk Bayur dan melihat kondisi cuaca dan musim hujan di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota,  maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota terus melakukan upaya pencegahan penanggulangan bencana.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh BPBD adalah Dialog Interaktif / Talkshow di Radio Safasindo dengan tujuan menyampaikan informasi kepada masyarakat agar selalu berhati-hati di musim hujan ini.

Kepala BPBD Joni Amir,  menyampaikan bahwa tipografi wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan daerah rawan bencana baik bencana alam, bencana non alam,  maupun bencana yang disebabkan oleh kelalaian manusia yang dapat menimbulkan korban jiwa,  harta benda, maupun kerusakan lingkungan dirasa perlu untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan setiap saat.

Maka dari itu Joni Amir menyampaikan himbauan Bupati Lima Puluh Kota untuk pencegahan penanggulangan bencana kepada masyarakat Lima Puluh Kota  yaitu :

Diharapkan kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai untuk dapat mlakukan evakuasi dini apabila intensitas hujan tinggi.

Kepada masyarakat yang tinggal di perbukitan dan lereng bukit,  untuk meningkatkan kewaspadaan apabila intensitas hujan tinggi dan ada potensi longsor.

Kepada seluruh Kepala OPD, Camat, Wali Nagari untuk selalu membantu di wilayah masing masing kemudian dapat mlakukan tindakan tindakan awal apabila terjadi bencana banjir dan longsor.

Diharapkan kepada tokoh masyarakat niniak mamak dan seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mningkatkan kepedulian kepada lingkungan.

Untuk kondisi bencana agar segera menghubungi pusat penanggulangan bencana PUSDal OPS -PB Kabupaten Lima Puluh Kota / BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota.(014)

Post a Comment

0 Comments