Erwin Yunaz Hadiri Festival Luak Limopuluah dan Pengukuhan Pengurus Gonjong Limo Bengkulu

IMPIANNEWS.COM
Bengkulu, --- Festival Luhak Limopuluah Koto dan Silaturrahmi Nasional (Silatnas) Gonjong Limo Sumatera Barat (Sumbar) di Provinsi Bengkulu, akan berlangsung sukses, meriah dan megah. 

Acara ini bertempat di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu mulai hari ini Sabtu (30/11/2019).  

Sebenarnya tadi malam sudah diawali dengan ramah tamah dan makan malam dengan Walikota Bengkulu dan jajarannya di Balai Kota. Acara ini dihadiri Rektor UNP beserta para tokoh masyarakat Bengkulu asal Minang dan pengurus Ikatan Iluni UNP di Bengkulu.

Penanggung jawab Silatnas Gonjong Limo, Drs H Syafizal Sabarudin, M.Pd mengatakan, pukul 09.00 WIB pagi ini akan digelar pembukaan festival Luhak Limopuluah Koto, secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, SE, MM. Setelah itu, lomba lagu Minang pada pukul 09.00 – 16.00 WIB, diikuti oleh peserta dari kalangan masyarakat umum di Provinsi Bengkulu. 

“Di sore harinya, pukul 14.00-16.00 WIB, diadakan Silatnas Gonjong Limo, dari masyarakat Kabupaten Limo Puluh Kota / Kota Payakumbuh dari berbagai daerah, akan hadir memadati Gedung Balai Raya Semarak,” ujar Syafrizal.

Selain Wakil Walikota Payakumbuh, turut hadir Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph.D yang juga menjabat sebagai Ketua Gonjong Limo di Padang.

“Gonjong Limo itu, kalau di  Sumbar ada daerah untuk 50 Kabupaten/Kota dulu namanya Luhak Limopuluah. Kebetulan rumah adat disana Gonjong Limo, jadi semacam adat istiadat yang tidak bisa dipisahkan,” tuturnya.

Rangkaian acara berikutnya, pukul 20.00 – 21.00 WIB Sabtu malam, akan ada pengukuhan Pengurus Gonjong Limo Provinsi Bengkulu, Pengurus Bundo Kanduang Gonjong Limo, dikukuhkan secara langsung oleh Ketua Gonjong Limo, Sumbar Prof Ganefri. 

“Nantinya, juga ada pameran produk kuliner dari  Kabupaten Limpo Puluh Kota/Kota Payakumbuh, serta masakan kuliner dari masyarakat Minang yang ada di Provinsi Bengkulu. Khususnya, makanan rendang menjadi ciri khas makanan Payakumbuh. Jadi Payakumbuh sangat identik dengan Kota Rendang,” terangnya.

Diketahui,  Ketua Gonjong Limo Sumbar, Prof. Ganefri, M.Pd, Ph.D Lahir di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat, 17 Desember 1963. Beliau dilantik sebagai Rektor UNP pada tanggal 20 Juli 2016. 

Sebelumnya Prof. Ganefri menjabat sebagai Ketua Kopertis Wilayah X dan Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang. Lulus Sarjana Pendidikan Elektro IKIP Padang (1988) beliau melanjutkan Studi Pasca Sarjana Pendidikan Teknik dan Kejuruan IKIP Yogyakarta (1996) dan meraih gelar Doktor Pendidikan Teknikal Vokational di UKM Malaysia.(rel/014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.