Dinsos: Karang Taruna Solusi Penyandang Masalah Keaejahteraan Sosial

IMPIANNEWS.COM.(Padang).

Dinas Sosial Kota Padang berharap agar program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang dijalankan Karang Taruna, terus menjadi solusi bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kota Padang.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Padang, Adriati, Sabtu, 14/12/2019
saat menghadiri pelantikan Ketua Karang Taruna Lubuk Kilangan (Luki) periode 2019-2024, Sabtu, 14 Desember 2019.

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang, pelantikan tersebut juga dihadiri perwakilan Muspika, Lurah, dan anggota DPRD Padang, Miswar Jambak dan Edmon, bundo kandung dan LPM se-Luki.

Kemudian dari Karang Taruna Kota Padang, hadir Wakil Ketua I Hendratmo, dan perwakilan dari berbagai organisasi kepemudaan (OKP) seperti Pemuda Panca Marga, dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna Luki.

Lebih lanjut Indriti menyebut bahwa selain program UEP sebagai soslusi bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial, kader Karang Taruna diharapkan juga dapat memaksimalkan 26 tugas pokok lainnya.

Diantaranya, sebut Indriati, yaitu masalah kesejahteraan sosial seperti fakir miskin, pengangguran, pendampinangan terhadap anak-anak yang telibat hukum, baik sebagai pelaku maupun korban.

"Karang Taruna merupakan mitra Dinas Sosial dan menjadi ujung tombak bagi Dinas Sosial dalam masalah kesejahteraan sosial. Dan diharapkan, Ketua Karang Taruna Luki yang baru dapat memaksimalkan tugas pokok tersebut," ujarnya.

Camat Luki yang diwakili Kasi Tata Pemerintahan Yandri, juga mengatakan bahwa Karang Taruna sebagai tenaga penggerak pembangunan sosial, memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan kesejahteraan sosial masyarakat.

Untuk itu diharapkan agar Karang Taruna, dapat meningkatkan segala potensi dan peran sertanya melalui koordinasi, kalaborasi, komunikasi, serta bekerjasama dan berainergi dengan seluruh OKP di Luki.

"Semoga melalui pelantikan Ketua Karang Taruna Luki periode 2019-2024, keberadaan Karang Taruna terus menjadi manfaat bagi Kecamatan Luki, terutama pada pembentukan jiwa sosial dalam meningkatkan pembangunan menuju kesejahteraan sosial masyarakat," katanya.

Ketua Karang Taruna Luki Zalvenus mengatakan bahwa pihaknya, akan memaksimalkan tugas pokok Karang Taruna dan siap untuk terus menjadi mitra Pemerintah Kecamatan Luki dalam pembangunan kesejahteraan sosial.

Di samping itu, katanya melanjutkan, Karang Taruna didirikan juga dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja dalam berbagai bidang. Selain sosia dan ekonomi, juga ada bidang olahraga, keterampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

"Kita ingat sejarah pernah mengajarkan kepada kita bahwa selaku pemuda, kita harus memiliki semangat juang yang tinggi bagi pembangunan masa depan bangsa dan Nagari. Pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok," katanya.

Dengan demikin, katanya melanjutkan, tentunya pemuda-pemudi Karang Taruna Luki harus menghindari lima kelemahan, yakni lemah harta, lemah fisik, lemah ilmu, lemah semangat hidup dan yang sangat ditakutkan adalah lemah akhlak.

Jika lima kelemahan ini melekat pada pemuda yang ada di dalan wadah Karang Taruna Luki ini, tentunya kiprak Karang Taruna Luki menjadi pelopor pembangunan akan terhambat, melainkan bisa menjadi penghancur pembangunan masa depan bangsa.

"Tapi kami yakin, Insya Allah kami Karang Taruna bukanlah orang yang termasuk kelimanya. Di bawah panji Karang Taruna, kami semua punya semangat hidup yang tinggi dan berakhlak. Dan kami siap untuk mewujudkan pemuda-pemudi yang agresif, inovatif, dan produktif," pungkasnya.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.