Walikota Buka Mukerda Orientasi LPM Kota Payakumbuh Tahun 2019

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Pemerintah kota Payakumbuh melaksanakan kegiatan musyawarah kerja daerah (Mukerda) dan orientasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-kota Payakumbuh tahun 2019 di aula pertemuan Hotel Bundo Kanduang, Selasa (5/11/2019).

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah Lembaga Kemasyarakatan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada masyarakat.

Dalam sambutannya Walikota yang diwakili Sekretaris  Rida Ananda mengatakan sangat mengapresiasi penyelenggaraan Mukerda LPM kota Payakumbuh dan berharap pengurus LPM Kota dapat menjalankan amanah demi kemajuan pembangunan Kota Payakumbuh yang memiliki 5 wilayah kecamatan dan 42 kelurahan.

"Dengan pelaksanaan Mukerda ini diharapkan dapat meningkatkan penyelenggaraan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang partisipatif dengan mendorong peran pemerintahan, kelurahan dan LPM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga dapat meningkatkan pembangunan di kelurahan", ungkap Setda Rida.

Selain itu, Rida turut mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Mukerda ini untuk menampung aspirasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di kelurahan.

"Musyawarah ini juga untuk memelihara dan melestarikan nilai kehidupan masyarakat berdasarkan nilai gotong royong dan kekeluargaan serta juga untuk meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan dalam perencanaan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat", terangnya.

Turut di sampaikan, jika untuk mewujudkan hal tersebut maka tak terlepas dari peran LPM sebagai salah satu Lembaga Kemasyarakatan yang berlandaskan dengan Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 24 Tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan di kelurahan.

"Secara umum LPM berperan dalam menggalang persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan partisipatif meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian serta evaluasi dan tindak lanjut hasil pembangunan, maka pembinaan dan sosialisasi terhadap LPM sangatlah perlu dilaksanakan", jelasnya.

Mantan kepala Bappeda Kota Payakumbuh tersebut berharap kepada seluruh peserta Mukerda dan orientasi LPM se-kota ini dapat menjadi penambah wawasan, bertukar pikiran dan dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait secara intensif untuk meningkatkan pembangunan daerah dan masyarakat sehingga kesejahteraan masyarakat di Kota Payakumbuh dapat diwujudkan.

Sementara itu, wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) LPM Kota Payakumbuh Khairul menyampaikan hendaknya Mukerda ini dapat menjadi wadah atau media untuk membahas permasalahan-permasalahan di organisasi LPM sekota Payakumbuh.

"Selain untuk membahas permasalahan yang ada, juga untuk meningkatkan koordinasi antara ketua LPM sekota Payakumbuh dengan DPC LPM dan DPD LPM Kota Payakumbuh serta DPD LPM Provinsi Sumatera Barat sehingga dapat mewujudkan peningkatan terhadap kesejahteraan masyarakat", pungkas Khairul.

Peserta kegiatan Mukerda dan Orientasi LPM sekota Payakumbuh selain dari pengurus dan ketua DPC serta Ketua LPM sekota juga turut dihadiri oleh bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah kota Payakumbuh.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.