PILIH KETUA OSIS, SMP N 1 PAYAKUMBUH GANDENG KPU

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- SMPN 1 Payakumbuh mulai memecah sejarah dalam pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Pemilihan pengurus OSIS tahun ajaran 2019/2020, Kepala SMPN 1 Payakumbuh, Defi Marlitra dan jajarannya mulai menerapkan pemilihan pengurus OSIS ala pemilu. 

Pemilihan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 1 Payakumbuh periode 2019/2020 ini digelar pada Jum’at (22/11/2019) lalu dengan merangkul Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal dan jajarannya, guna mewujudkan hal tersebut. 

Pemilihan ketua OSIS ini dilaksanakan mirip dengan penyelenggaraan pemilu yang bertujuan untuk memberikan pelajaran dan pengalaman berdemokrasi bagi peserta didik di SMPN 1 Payakumbuh, sejak dini. Kegiatan pemilihan ini dilaksanakan 2 TPS di halaman sekolah dan juga ruangan Aula setempat, yang diikuti seluruh guru dan siswa yang berjumlah kurang lebih 1050 orang.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya secara manual. Dan ini perdana kita laksanakan, Pemilihan Ketua OSIS periode 2019/2020 dilaksanakan secara demokrasi dengan pemilihan umum terbuka. Ada 2 calon Ketua OSIS yang kita pilih terbuka yaitu Caisar Dzaky Putra Adwinaris dan Syafiq Iqbal Alzaky," kata Kepala SMPN 1 Payakumbuh melalui Wakil Kesiswaan SMPN 1 Payakumbuh, Eva Yeni,"Selasa (26/11/2019).

Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu. sebelum pemilihan dilaksanakan, beberapa persiapan  pun dilakukan layaknya pemilu.

Wakil Kesiswaan SMPN 1 Payakumbuh ini juga memberikan respon yang sangat positif untuk kegiatan ini dan beliau berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan oleh generasi OSIS kedepan.

“Selain mendapat ilmu, ini juga bisa menjadi pengalaman bagi para siswa tentang bagaimana tata cara pemilihan umum dengan baik dan benar. Dikatakannya, para siswa dan siswi serta guru sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini.” pungkasnya. 

Dan yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan pemilihan ketua OSIS ini adalah fasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh terkait perlengkapan pemungutan suara seperti Surat Suara, bilik suara, alat coblos, Name tag dan kotak suara. 

Sementara itu, Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal yang didampingi oleh Ketua Divisi SP3MSDM Nina Trisna dan Ketua Divisi Prencanaan Data dan Informasi Neti Payoka menyampaikan, mereka sangat mendukung penuh adanya kegiatan seperti ini.

“Ini bisa jadi langkah dan pembelajaran awal bagi siswa dan siswi supaya mengenal bagaimana pemilihan umum dilaksanakan,dan yang penting itu adalah yang harus dipatuhi dalam pelaksanaan pemilihan ketua OSIS sebagaimana Pemilu yang sesungguhnya yaitu asas Pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.” katanya.

Terpisah,  Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra melalui selulernya menerangkan bahwa dirinya dan jajaran mengucapkan terima kasih kepada Ketua KPU Kota Payakumbuh, jajaran majlis guru SMPN 1 bersama para siswa yang telah menyukseskan pemilos.

Ini sangat luar biasa, dan akan kita biasakan kedepannya. Mudah-mudahan semua akan membawa kesempurnaan bagi generasi milenial kita. Dari laporan Waka kesiswaan, Syafiq terpilih sebagai Ketua OSIS usai mengantongi 705 suara. Sedang Caesar hanya mengantongi 178 suara. Dan ada beberapa suara lainnya yang dipastikan tidak sah. Insyaallah minggu depan kita kukuhkan,"pungkas Defi Marlitra sembari mengucapkan selamat untuk yang diamanahi. (014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.