Peduli Generasi Muda, Henny Riza Falepi Berikan Sosialisasi Siswa Peduli Sosial (SPESIAL)

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Demi mewujudkan Generasi muda peduli sosial, Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota  Payakumbuh bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Payakumbuh mengadakan Sosialisasi Siswa Peduli Sosial (SPESIAL) di Aula lantai 3 Ex.Kantor balai kota Bukik sibaluik, Jumat sore (1/11/2019).

Hadir dalam Sosialisasi ini Asisten I Setdako Payakumbuh Yoherman, Ketua Umum LKKS Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi, Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh Idris, Lurah Koto tangah Ade vianora serta perwakilan dari Guru dan Ketua Osis dari SMA dan SMP se-Kota Payakumbuh. 

Dalam sambutannya, Asisten I Setdako Payakumbuh Yoherman mengatakan Tantangan terbesar dari pendidikan adalah bagaimana siswa mengaplikasikan ilmunya di lingkungan sekolah dan di lingkungan  masyarakat.  Dikatakan bahwa sekolah dapat membantu membentuk sikap peduli pelajar terhadap teman dan dilingkungan luar sekolah.

"Semoga dengan adanya sosialisasi ini kita dapat membentuk karakter para generasi muda kita untuk dapat lebih peduli terhadap lingkungan sosial", pungkas Yoherman

Ketua umum LKKS Kota Payakumbuh sekaligus sebagai Narasumber dalam acara Sosialisasi Henny Riza falepi menyampaikan kepedulian sosial siswa sudah seharusnya dibangun sejak dini. Menurutnya, karena kepedulian Sosial dikehidupan siswa akan semakin kompleks seiring dengan pertumbuhan dan keluasan wawasannya.

"Dengan adanya kepedulian sosial  diharapkan ketika siswa terjun ke dunia masyarakan dapat memberikan konstribusi yang nyata terhadap permasalahan yang ada di tengah masyarakat," ujar Henny

Ia menjelaskan,  menumbuhkan rasa percaya diri pada anak itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena butuh waktu dan proses yang konsisten agar rasa percaya dalam diri seorang anak agar bisa tumbuh dan peduli terhadap sesama siswa di lingkungan sekolah, maupun lingkungan sosial masyarakat.

"Pada dasarnya rasa percaya diri anak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, seperti lingkungan keluarga, masyarkat dan sekolah," jelasnya.

Lebih lanjut Henny menjelaskan hal yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan rasa sosial di lingkungan sekolah dan masyarakat kepada siswa ada beberapa hal yaitu: 
(1) Membuat siswa sadar tentang kebutuhan dan penderitaan orang lain baik sesama siswa maupun di lingkungan luar sekolah. 
(2) sekolah memberikan kelompok kelompok yang dapat dicontoh oleh siswa tentang kepedulian kelompok tersebut kepada masyarakat. 
(3) Sekolah memberikan contoh yang menginspirasi bagi siswa. 
(4) Sekolah menyediakan contoh teman sebaya yang positif. 
(5) Sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan pelayanan pada masyarakatnya, 
(6) jika memungkinkan mengintegrasikan program tersebut dengan akademik dan 
(7) Sekolah menyediakan pendidikan di bidang sosial, politik perubahan dan aksi perubahan warga

Apalagi sekarang ini zaman IT, semua kalangan bebas mempergunakan internet. Dengan adanya internet ini sebagai pendidik diharapkan  ibu dan bapak guru dapat memberikan dan memperlihatkan contoh nyata kepedulian sosial dilingkungan sekolah dan masyarakat kepada anak-anak kita, karena anak-anak zaman sekarang lebih cepat mengerti bila diperlihatkan contoh dengan visual dari pada hanya sekedar perkataan.

"Semoga apa yang kita sampaikan bisa memberikan sedikit gambaran dan motivasi buat para siswa dan siswi kita kedepannya bisa menerapkan atau mengaplikasikan di dalam kehidupannya masing-masing," Pungkas Henny.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.