Milad IX, STAIDA PAYAKUMBUH GELAR MUSABAQAH AL QUR’AN TINGKAT SUMBAR

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh kembali menggelar Musabaqah al Qur’an antar pelajar SLTA se Sumatera Barat. Kegiatan musabaqah al Qur’an ini digelar dalam rangka MILAD IX STAIDA Payakumbuh. 

Kegiatan yang berlangsung Selasa (26/11/2019) di kampus STAIDA Kelurahan Limbukan kecamatan Payakumbuh Selatan ini diikuti oleh lebih 65 orang pelajar yang berasal dari SLTA/MA/SMK yang ada di Sumatera Barat. 

Adapun lomba yang diadakan adalah Musabaqah Tilawah al Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) dan Musabaqah Khat al Qur’an (MKQ).

Ketua Panitia, Dr.Muhammad Yahya, MA menyebutkan bahwa kegiatan musabaqah al Qur’an ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari MILAD IX STAIDA Payakumbuh. Disamping itu, kita juga mengadakan lomba takraw antar instansi se-Kota Payakumbuh pada hari tanggal 27 dan seminar internasional pada tanggal 30 November 2019.

"Alhamdulillah, peserta musabaqah al Qur’an tahun ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai Kota / kabupaten yang ada di Sumatera Barat, seperti Solok, Tanah Datar, Agam, Bukittinggi, Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Kita sangat senang karena hampir setiap kota/kabupaten di sumatera barat ada perwakilannya dalam ajang musabaqah ini," jelasnya.

Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA dalam sambutannya dihadapan peserta dan guru pendamping menyampaikan terimakasih kepada seluruh sekolah atau madrasah yang sudah berkenan mengikuti kegiatan musabaqah al Qur’an ini, mudah-mudahan silaturahim ini bisa membawa manfaat yang banyak untuk kemajuan pendidikan di Sumatera Barat pada masa yang akan datang. 

Lebih lanjut, Ahmad Deski menjelaskan, kampus STAIDA Payakumbuh yang memiliki dua prodi yaitu prodi Pendidikan Bahasa Arab dan prodi Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir, selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan mahasiswa dalam segala lini. 

"Kita selalu mendorong semua dosen untuk melanjutkan studi S.3, dan alhamdulillah sebagian sudah dapat beasiswa 5000 doktor Kemenag," jelasnya.

Para pemenang masing-masing lomba langsung diumumkan usai kegiatan. 

Adapun yang berhasil menjadi yang terbaik dalam kegiatan ini adalah cabang MTQ Putra, Juara satu diraih oleh Ahmad Luthfi Yahya dari SMA ICBS Payakumbuh, Juara dua diraih oleh Akramul Insan dari MAN 2 Payakumbuh, dan Juara tiga diraih oleh Refki Ramadhani dari MAN 1 Tanah Datar.  

Cabang MTQ Putri Juara satu diraih oleh Lailan Najmi dari MAN 1 Solok, Juara dua diraih oleh al Naiyya Alfatiha dari Ponpes Diniyah Limo Jurai , dan Juara tiga diraih oleh Humaida Adillah dari MA Tawalib Bukittinggi. 

Cabang MHQ Putra, Juara satu diraih oleh Agustullah Rifki dari SMA ICBS Payakumbuh, Juara dua diraih oleh Marzalil Muttaqin dari SMA al Fath Payakumbuh dan Juara tiga diraih oleh Aski Arafat Yunus dari MAN 1 Tanah Datar. 

Cabang MHQ Putri, Juara satu diraih oleh Nuzul Laila Qadrina dari SMA 2 Payakumbuh, Juara dua diraih oleh Nadira Faurazana dari MAN 2 Payakumbuh dan Juara tiga diraih oleh Syarifah Aini dari SMA ICBS Payakumbuh.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.