Mengejutkan, Hendra Saputra SH, M.Si Jawab Tulisan Ahmad Saleh SH

Hendra Saputra, SH, M.Si 
IMPIANNEWS(Kab Solok). 

Terkait opini dari Ahmad Saleh SH, yang muncul di media online yang berjudul “Adakah Balon Bupati Solok Yang Sudah Punya Gagasan Membangun”. Melalui media ini, mendapat jawaban dari Hendra Saputra, SH, M.Si dan Mahyuzil Rahmat, S.Ag.

Hendra menanggapi opini tersebut sebagai uji materi public, dimana dirinya merasa tertantang untuk mengungkapkan serta menjelaskan kerangka pikiran terhadap gagasan membangun Kab. Solok sesuai opini tersebut.

“Sebelumnya saya sangat berterimakasih kepada saudara Ahmad Saleh, SH atas tulisannya mempertanyakan tentang gagasan membangun Kab. Solok seperti yang beliau maksudkan”. Ujar Hendra Saputra di Posko RAMAH (HendRA–MAHyuzil), Senin (18/11/19) di Solok.

Dikatakan Hendra, ditinjau dari tiga point didalam opini itu. Dirinya menangkap ada tiga gagasan program yang perlu untuk di ungkapkan yakni; mengenai agrobisnis, agrowisata dan pariwisata.

Pertama, kata Hendra menjelaskan tentang agrobisnis. Dilihat dari sumber pendapatan masyarakat Kab. Solok, dominan berasal dari sector pertanian.  Artinya, kekuatan ekonomi sebagian masyarakat sangat erat dan bergantung kepada kualitas sumber daya pertaniannya.

“Agrobisnis atau bisnis pertanian sangat berpengaruh tinggi bagi ekonomi rakyat Kab. Solok.  Nah.., saya merumuskan peningkatan taraf ekonomi yang signifikan dapat terjadi bila sumber daya dan kebutuhan pertanian masyarakat dijadikan skala “Prioritas”.  Jangan sampai kondisinya terbalik, kebanyakan yang terjadi di berbagai daerah malah memprioritaskan kebutuhan investor, bahkan asing. Untuk itu, dalam hal ini pemerintah mesti merujuk kepada masyarakat petani terlebih dahulu, barulah mengimbanginya dengan investor”, jelas Hendra.

Kedua, mengenai agrowisata Hendra menjelaskan, setiap kepala desa (walinagari) penerima dana desa dan berada di wilayah potensi agrowisata, musti dilakukan pembinaan yang lebih intens.

“Misalnya saja, mengenai budi daya tanaman lokal, Bumdes yang menggerakan kawasan pertanian menjadi lebih mudah di akses dan terpelihara.  Jika semua struktur dan pemerintahan desa yang bersinergi dengan Pemerintah Daerah, sudah meng-optimalkan titik-titik potensi wilayahnya, maka dengan begitu akan tercipta banyak spot wisata pertanian yang mengundang banyak wisatawan ke negeri kita Kab. Solok”, terangnya.

Ketiga, mengenai pariwisata Hendra memaparkan, Kab. Solok memiliki kawasan pariwisata seperti danau diatas, danau dibawah, danau singkarak dan kawasan pariwisata lainnya.

“Dengan banyaknya kawasan pariwisata Kab.Solok, tentunya akan sangat membantu ekonomi masyarakat disekitarnya. Namun dalam hal ini, pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah atau OPD musti lebih giat membangun mekanisme sistem yang mempermudah, serta memperluas akses warga untuk menjadi pelaku usaha. Kemudian melakukan pembangunan berupa akses jalan, spot wisata serta publikasi yang massif secara nasional bahkan internasional”. Pungkas Hendra Saputra, SH, M.Si.

Sebenarnya masih banyak lagi yang dipaparkan oleh Hendra Saputra, SH, M.Si. Namun hal itu tertuai dalam gagasan tertulis yang menjadi konsep untuk persiapan dirinya menatap masa depan Kab. Solok yang lebih baik, untuk kesejahterakan masyarakat. (i).

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.