Hujan dan Angin Kencang Landa Payakumbuh Timur. Pohon Bertumbangan

Jajaran Polres Payakumbuh ikut mendampingi Walikota meninjau dampak bencana 
IMPIANNEWS.COM
"Banyak Pohon Tumbang, Walikota Riza Falepi Turun Ke Lokasi Pasca Bencana"

Payakumbuh --- Hujan disertai angin kencang terjadi di Kota Payakumbuh, banyak pohon yang tumpang. Sebagian pohon menutup akses publik dan sebagian lain tumpang menimpa rumah warga. 

Informasi dari WAG TRC Kota Payakumbuh yang diawali oleh Pak Ahdion salah seorang Kasi di Satdamkar Kota Payakumbuh.

" beringin besar di simpang bukit sitabuah dikabarkan tumbang. Diharapkan Danru dan anggota segera turun ke lapangan. Kita akan koordinasi dengan BPBD dan PLN. Pohon tumbang menutup akses jalan,"tulis Ahdion di WAG TRC pada Ahad (10/11/2019) sekira pukul 15.55 sore. 

Hujan terus turun semakin lebat disertai angin kencang. Setidaknya ada 2 kecamatan di Payakumbuh yang terdampak bencana akibat tumbangnya puluhan pohon. 

Informasi sementara dari Babinsa Koramil 01/Pyk Sertu Eko untuk informasi pohon tumbang akibat hujan dan angin puting beliung pukul 16.30 sore ini di Kota Payakumbuh.
  1. Simpang Bukit Sitabua, Payakumbuh Timur 
  2. Pakan Selasa, Payakumbuh Timur 1 unit rumah semi permanen roboh.
  3. Kelurahan Sicincin, Payakumbuh Timur 
  4. Simpang BTI Padang Tangah, Payakumbuh Timur 
  5. Jalan Pahlawan, Payakumbuh Timur 
  6. Padang leba, payakumbuh Timur 
  7. Jalan rasuna said depan kantor kehutanan, payakumbuh Timur 
  8. Jalan cemara, Payakumbuh Timur 
  9. Belakang Taman kanak-kanak polres kota Payakumbuh, Payakumbuh Timur. 

Dari data sementara diatas, kecamatan Payakumbuh Timur mayoritas terparah terkena dampak bencana hujan lebat dan angin kencang. 

Usai mendapatkan laporan dari jajarannya, Walikota Payakumbuh Riza Falepi langsung turun ke lapangan merantau kondisi terkini sekaligus memantau penanganan dampak bencana oleh BPBD bersama TRC.

Walikota Riza Falepi bersama Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten II Elzadaswarman, dan jajaran OPD terkait. 

Walikota menginstruksikan kepada OPD terkait untuk cepat melakukan pembersihan kepada pohon-pohon yang tumbang, khusus kepada beringin yang melintang di jalan Payakumbuh-Lintau.

"Salah satu yang paling besar adalah pohon beringin di simpang SMAN 2 Payakumbuh yang tumbang, membuat lalu lintas Payakumbuh-Lintau tertutup dan tidak bisa dilalui, untuk itu kita minta kepada BPBD, Damkar, PU, Lingkungan Hidup dan Satpol PP melakukan pembersihan segera," kata Walikota Riza.

Di tempat lain, kelurahan Sicincin mengalami kerusakan parah di beberapa titik, bahkan rumah warga ada yang di timpa pohon tumbang. 

Didampingi Camat A. Arifianto Walikota juga berpesan kepada petugas yang bekerja untuk mengutamakan keselamatan dalam bekerja, listrik juga mengalami pemadaman akibat pohon yang tumbang menimpa kabel listrik.

"Kalau perlu pakai genset biar cukup penerangan dalam bekerja malam ini, pokoknya ini harus segera kita tangani dengan cepat, jangan dibiarkan karena akses lalu lintas dapat terganggu," kata Riza Falepi.

Menurut informasi tim Humas, malam ini Walikota akan menggelar rapat responsif penanganan bencana di Rumah Dinas. (014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.