Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Saadi Jabat WaKil Menag RI

Drs. KH Zainut Tauhid Sa'adi, MSi 
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Presiden Joko Widodo memanggil dan mengundang Zainut Tauhid Sa'adi ke Istana Kepresidenan jelang pelantikan wakil menteri, Jumat (25/10/2019).

Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Usai bertemu dengan Presiden Jokowi, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia dan juga politisi PPP tersebut diamanahi sebagai Wakil Menteri Agama. Presiden meminta Zainut  mengembangkan pendidikan di jalur madrasah.

Zainut juga diminta Jokowi mengembangkan dakwah keagamaan dan menjaganya tetap pada koridornya untuk menjaga keimanan dan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Siapakah Zainut Tauhid Sa'adi ?
Riwayat Pendidikan
Zainut Tauhid Sa’adi menghabiskan masa SD, SMP, dan SMA di Jepara. Sedangkan masa kuliah, ia mengambil Pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dan melanjutkan S2 Magister Ilmu Pemerintahan di Universitas Satyagama Jakarta.

Untuk program doktor, Saudi mengambil  S3 Program Doktor Studi Pemikiran Politik di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Zainut diketahui merupakan politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Zainut sempat menjadi anggota DPR periode 2004-2009, kemudian periode 2009-2014. Selain itu, Zainut diketahui pernah menjadi staf ahli anggota DPR-RI periode 2001-2004. Ia juga merupakan Wakil Pimpinan Badan Sosialisasi MPR RI pada periode 2014-2019.

Pada tahun 1992-1993 ia pernah menjadi Pembantu Dekan II di Universitas Satyagama. Serta pembantu dekan di STISA Jakarta.

Kader NU
Selain kader Nahdatul Ulama (NU), Zainut juga memiliki segudang pengalaman organisasi. Ia diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat pada tahun 2010-2015. Ia juga menjadi Wakil Ketua MUI untuk periode 2015-2020.

Berdasarkan situs Halal MUI, Zainut merupakan Ketua dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) serta Anggota Dewan Pengawas Syariah di AXA Mandiri.

Diberitakan Jumat (25/10/2019), Wasekjen PPP mengatakan, Zainut diajukan karena ia memiliki portofolio di bidang keagamaan.
Achmad Baidowi mengatakan Zainut adalah politisi senior dan pernah menjadi salah satu pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Dan PPP mengajukan Zainut Tauhid sesuai portofolio yang dimaksudkan yakni bidang keagamaan," kata Baidowi.

Dilantik Zainut Tauhid Sa'adi jadi Wakil Menteri Agama, mendapatkan ucapan selamat dari jajaran Kementerian Agama se Indonesia.

Sebagaimana ucapan selamat juga tampak disampaikan Kepal Kanwil Kemenag Sumbar, H Hendri.

"Selamat datang dan selamat mengabdi Drs. KH Zainut Tauhid Sa'adi, MSi sebagai Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Kabinet Indonesia Maju 2019 - 2024,"Tulisnya di akun medsos resmi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat.(ul)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.