Seminar Nasional, Kaji Pengembangan Potensi Industri Kelautan dan Perikanan di Padang

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Industri kelautan dan perikanan di Kota Padang memiliki potensi dan peluang untuk dikembangkan. Hal itu didukung sumber daya alam, seperti ketersediaan ikan yang cukup besar, area melaut yang dekat serta kondisi perairan yang mendukung.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah memaparkan hal tersebut dalam Seminar Nasional bertema meningkatkan Industri Kelautan dan Perikanan Berbahan Baku Unggulan untuk Kesejahteraan Pelaku Usaha Perikanan di Hotel Pangeran Beach, Kamis (24/10/2019).

“Industri kelautan dan perikanan di Kota Padang didukung dengan keberadaan Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus yang mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap,” kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, dalam seminar ini akan mengkaji berbagai faktor yang mempengaruhi pengembangan industri perikanan di Kota Padang. Peserta akan memberikan berbagai gagasan dan saran agar memperoleh manfaat dari pengembangan industri perikanan.

“Pengembangan industri perikanan mendukung misi Pemerintah Kota Padang ke-3 meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” ujar Mahyeldi.

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan ke depan, lanjut Mahyeldi, meningkatkan teknologi industri perikanan yang inovatif. Memperkuat basis dan sistem produksi bahan baku dan komoditas perikanan unggulan.

“Mempercepat peningkatan dan perluasan ekspor produk-produk perikanan dan konsumsi luar negeri,” sebut Mahyeldi.

Dalam seminar ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang menghadirkan keynote speaker Dr. Sharif Cicip Sutarjo, SH, MH (Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2011 – 2014). Selaku narasumber Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, KKP RI Innes Rahmania, A.Pi.S.Sos.MM. dan narasumber dari akademisi sektor kelautan dan perikanan, Dr.Ir.H. Eyviet Nasmar, MS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang Guswardi melaporkan, peserta seminar ini sebanyak 150 orang. Peserta terdiri dari utusan IORA, Dinas Kelautan dan Perikanan se-Sumatera Barat, pelaku usaha, perguruan tinggi dan organisasi.

“Sesuai tema, seminar ini bertujuan untuk peningkatan daya saing industri kelautan dan perikanan berbahan baku unggulan. Muaranya nanti untuk kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kota Padang,” ulas Guswardi. (ytd)

Post a Comment

0 Comments