SDN 29, SMTI, SMPN 2 Padang Telah Dinilai

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Agustina, SH.MM Ketua Tim II penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS)  Kota Padang  bersama rombongan  menilai tiga sekolah, SDN 29, Danau Cipago Purus, SMTI, di jalan Juanda dan SMPN 2 Padang. Semua objek pantau, telah dilihatnya, namun banyak yang harus dibenahi ketiga sekolah tersebut,  apalagi SMPN 2 sedang ada pembangunan, Senin (9/10/2019).

Maka ia menyarankan supaya meletakkan segala sesuatu pada tempatnya, sehingga sedap dipandang.  Dan kebersihan, keindahan ruang belajar, ruang guru, kepala sekolah, kantin   harus selalu  terjaga dengan baik, tak boleh berdebu. Sebab tujuan penyelenggaraan penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) yakni untuk membangun kebiasaan perilaku yang sehat bagi warga sekolah.Dan mendorong masyarakat untuk berusaha mewujudkan sekolah yang sehat, sekaligus membangun kebiasaan-kebiasaan sehat di lingkungan sekolah, ujar Agustina, SH.MM.

"Kalau penialaian LSS tingkat Kota, masih ada pembinaan, makanya diberi tahukan segala kekurangannya, seperti di SDN 29, ruang kepala sekolah belum memiliki toilet, arena tanaman toga masih kurang, dan beberapa hal lainnya. Setelah itu, Di SMPN 2 tanaman Toganya "jablai, alias kurang dibelai, sehinga tumbuh tidak segar. Logo Trias UKS, warna agar diperbaiki, termasuk tungunya menengadah, sulit untuk dilihat, " sebut Agustina yang sehari akrab dengan sapaan Tin itu.

Nanti kalau tim penialai dari tingkat provinsi Sumbar, maupun nasional tak ada lagi pembinaan, dirabanya berdebu, melihat puntung rokok dan lain sebagainya lansung jadi catatan. Makanya butuh keseriusan kepala sekolah sebagai pimpinan menggerakan semua kegiatan UKS ini. Tak bisa bim salabim saja, ucap Agustina.

Menurutnya, Agustina yang juga Kasubag Pendidikan Dan Budaya pada Bagian Kesra Pemko Padang, LSS  dilakukan terus menerus untuk menyelamatkan generasi usia sekolah dari berbagai ancaman penyakit di lingkungan sekolah. Sebab sekolah sehat merupakan salah satu pembinaan yang diwujudkan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).  Trias UKS diharapkan dapat membentuk perilaku anak-anak untuk hidup sehat.

Jadi,  dengan adanya pembinaan kehidupan yang sehat dapat meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan prestasi belajar siswa, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan lingkungan sehat. Dan  tujuan utama dari lomba sekolah sehat  yakni adanya upaya pembinaan dan pengembangan UKS, serta  sebagai evaluasi kegiatan pembinaan kerjasama dengan Puskesmas. (ir)

Post a Comment

0 Comments