Penilaian Perempuan Inspiratif, Noviantini Wakili Payakumbuh ke Tingkat Sumbar

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Sosok Perempuan Inspiratif dari Kelurahan tigo koto dibaruah Kecamatan Payakumbuh Utara, Noviantini kini bersaing dengan para perempuan terbaik di Sumatera Barat dalam Penilaian Perempuan Inspiratif Tingkat Provinsi tahun 2019.

Sebelumnya, Noviantini menyabet predikat Perempuan Inspiratif Kota Payakumbuh setelah sukses melakukan terobosan inovatif dengan membuat rendang jamur tiram yang diberi nama Payopali.  

Noviantini beserta anggota pembuat rendang jamur didatangi Tim Verifikasi Lapangan Perempuan Pemprov Sumbar di Payolinyam Kecamatan Payakumbuh Utara, Jumat(25/04/2019)

Kedatangan tim ini disambut Perwakilan dari DP3AP2KB  Erma yunita, Sekretaris Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni, Ibuk Lurah  Syafwani, beserta tokoh masyarakat setempat.

Tim Verifikasi lapangan diketuai oleh Fatmanita dari UNP. Fatmanita menjelaskan kegiatan penilaian dilakukan dalam 2 tahap. Tahap I berupa ekspose peserta, dan tahap II verifikasi lapangan bagi peserta yang masuk nominasi. 

Selanjutnya Fatmanita menjelaskan selain mendengarkan Ekspos dan Presentasi dari Noviantini, juga dilakukan  diskusi dengan beberapa tokoh masyarakat, serta menyicipi langsung hasil olahan jamur tiram tersebut. 

Masyarakat terlihat bangga dengan sukses yang diraih Noviantini membangun Rendang Jamur yang kini juga telah berkembang pesat dan membuat inovasi baru yaitu membuat Jamur krispi dan Nuget Jamur. Hal bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dalam peningkatan mutu SDM.

Hadir dalam penilaian tersebut Ketua TP-PKK kota Payakumbuh Henny Riza Falepi menyebutkan, penilaian lapangan terhadap sosok Noviantini dan perkembangan Rendang Jamur merupakan hal luar biasa bagi Kecamatan Payakumbuh Utara.

"Tidak mudah bagi seorang perempuan untuk menginspirasi orang lain. Karena sebelum bisa menginspirasi orang lain, mereka harus bisa menjadikan diri sendiri berguna bagi keluarga dan masyarakat. serta bisa menginspirasi diri sendiri," ujar Henny

Menurutnya, ada beberapa indikator untuk bisa berperan sebagai perempuan inspiratif, di antaranya mampu memperlihatkan sosok keteladanan dalam membina keluarga dan rumah tangga, memiliki budi pekerti luhur dan teladan dalam masyarakat, serta mampu melakukan terobosan dan kontribusi berarti dalam partisipasi pembangunan.

Terobosan, inovasi, dan kepedulian Noviantini inilah yang membuat ia sangat cocok menjadi Perempuan Inspiratif 2019. " Semoga kita dapat menyabet kemenangan Perempuan Inspiratif tingkat Provinsi dan maju ke tingkat Nasional", pungkas Henny.(rel)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.