Pemko Sawahlunto Bakal Bangun Islamic Center

IMPIANNEWS.COM
Sawahlunto, --- Walikota Sawahlunto memulai langkah merealisasikan rencana membangun Islamic Center yang dikonsep menjadi Pusat Kegiatan Keagamaan Islam terlengkap sekaligus menjadi pusat wisata religi menarik di Sumatra.

Deri Asta, Selasa (08/10/2019) menyebutkan membangun Islamic Center adalah salah satu visi misi Pemerintahannya yang ditujukan tidak hanya untuk meningkatkan  nilai-nilai religius, tetapi juga untuk mengembangkan wisata religi.

Dalam diskusi Walikota bersama CV. Arce Konsultan perencana Islamic Center beserta sejumlah pimpinan OPD dan tokoh agama, dirembukkan lokasi tapak pembangunan di kawasan Kandi.

Deri menginstruksikan Islamic Center Sawahlunto ini harus tersedia tempat manasik haji yg representatif, sehingga ditargetkan akan dimanfaatkan oleh calon jemaah haji dari berbagai daerah di Sumbar.

Islamic Center ini juga ditargetkan menjadi induk dari kegiatan Rumah Tahfidz Sawahlunto dengan arsitektur tidak meninggalkan ciri Kota Tua Warisan Dunia dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern.

Konsultan CV. Arce memaparkan Islamic Center Sawahlunto ini direncanakan memiliki daya tampung  sholat untuk 3130 orang jemaah. Dengan konsep green building  meminimalisir energi listrik untuk penerangan dan penyejuk udara.

Dt. Bandaro Putiah tokoh agama  mengapresiasi rencana ini. Ia berharap Islamic center Sawahlunto  bisa menyerupai kondisi mesjid di Mekkah sehingga memiliki daya tarik wisata sekaligus  membantu jemaah memahami kondisi sebenarnya saat manasik haji.(rel/ul)

Post a Comment

0 Comments