Pemkab Lima Puluh Kota Giat Tera Ulang Timbangan Pedagang

IMPIANNEWS.COM.


Lima Puluh Kota, --- Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan tera ulang terhadap alat ukur/ timbangan para pedagang pasar di kantor Camat Situjuah Limo Nagari, Jumat (11/10/2019)

Kegiatan tera ulang ini secara rutin dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM pada seluruh pedagang pasar tradisional se Kabupaten Lima Puluh Kota dengan tujuan menumbuhkan budaya tertib ukur para pedagang pasar tradisional dalam mengukur, menakar dan menimbang setiap transaksi jual belinya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan rasa aman para konsumen dalam bertransaksi di pasar-pasar Situjuah Limo Nagari sehingga tercipta hubungan kepercayaan diantara konsumen dan pedagang.

Dijadikannya pasar tradisional di Kecamatan Situjuah Limo Nagari sebagai lokus pelaksanaan kegiatan tera ulang alat ukur / timbangan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM kali ini, dalam rangka ikut mensukseskan kegiatan TMMD/N ke 106  tahun 2019 sebagai salah satu rangkaian kegiatan non fisik dari Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dari hasil penantauan terlihat para pedagang di pasar Situjuah Limo Nagari sangat antusias melakukan tera ulang timbangan milik mereka. Untuk itu, Kepala Dinas perdagangan, Koperasi dan UKM H. Kasman Kasim, SH mengapresiasi dan merasa bangga karena para pedagang pasar di Situjuah Limo Nagari telah sadar dan tertib untuk menerakan timbangan mereka sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

"Diharapkan kedepan, masyarakat Situjuah Limo Nagari dapat merasa lebih tenang dan yakin untuk membeli barang kebutuhannya di pasar tradisional karena kejelasan dalam ukuran dan timbangan" ujar Kasman.

Selain itu  Kegiatan ini diharapkan juga memberikan nilai tambah dalam mendukung penguatan ekonomi kemasyarakatan di Situjuah Limo Nagari serta meningkatkan daya saing pasar tradisional, khususnya dalam hal kebenaran pengukuran transaksi perdagangan.(rel/ul)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.