Mahyeldi Kukuhkan Pengurus Ekonomi Kreatif Kota Padang

Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah,SP
Bersama Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Wali Kota Padang Mahyeldi mengukuhkan kepengurusan Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang periode 2019-2021, di ruang Abu Bakar Ja'ar, Balaikota, Senin (28/10/2019). Turut hadir, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa dan beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang.

Pengurus Ekonomi Kreatif Kota Padang (Padang City Creative Committee) periode 2019 diketuai oleh Donard Games, dari Universitas Andalas Padang. Pengurus lainnya terdiri dari akademisi perguruan tinggi, beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang dan unsur beberapa Bank daerah di Kota Padang. Dalam kesempatan tersebut juga digelar rapat Koordinasi Forum Pengembangan Ekonomi Daerah Kota Padang. 

Dalam sambutannya Wali Kota Padang Mahyeldi memberikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru dilantik. "Besar harapan kepada bapak ibu yang baru dilantik untuk dapat merancang kebijakan pengembangan ekonomi kreatif di kota ini." ujarnya. 

Mahyeldi menambahkan, pada 2017 Kota Padang telah ditetapkan sebagai kota kreatif di bidang seni pertunjukan yang didukung oleh subsektor fashion, kuliner, kriya dan aplikasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Untuk itu, Kota Padang sebagai kota kreatif harus mampu menggerakkan partisipasi dan berkalobarasi bersama lintas stakholdet terkait untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada secara berkelanjutan," tambahnya. 

Lebih jauh dijelaskannya, Pemko Padang terus mengupayakan jumlah pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif terus meningkat. Upaya ini ditindaklanjuti dengan kegiatan pembinaan dan promosi melalui pelatihan dan pameran sebagai wadah untuk memasarkan produk.

“Selain itu, Pemko Padang juga membangun komitmen, membenahi regulasi dan mengaktualisasikan pertumbuhan ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan masyarakat,” jelasnya lagi. 

Mahyeldi berharap, keberadaan ekonomi kreatif dapat menjadi pengungkit daya saing pertumbuhan ekonomi Kota Padang, sehingga keberadaanya akan mampu meningkatkan daya saing daerah di tingkat Nasional. 

“Maka, diperlukan dukungan konkret dan komitmen dari semua pihak, baik Pemda, komunitas, akademisi agar pengembangan kota kreatif dapat dilakukan secara berkelanjutan,” paparnya mengakhiri. 

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Kota Padang Swesti Fanloni yang juga selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan dibentuknya Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang ini sebagai wadah untuk memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif. Di samping itu, juga untuk menganalisis dan menelaah isu-isu strategis terkait ekonomi daerah yang ada di Kota Padang. (th)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.