Korea Utara, Islam Sangat Diterima


Pyongyang Mosque, Korea Utara (Sumber: Www.nkeconwatch.com)

IMPIANNEWS.COM (Korut)

Korea Utara adalah negara yang 'tertutup' terhadap berbagai macam akses informasi dan pengaruh dari luar. Termasuk soal agama. Namun kabarnya pengaruh Islam juga sampai di negeri komunis itu. Korea Utara dan Islam mungkin bukan padanan yang pas, tapi faktanya Islam berkembang di sana meskipun sangat lambat. Nah, berikut adalah fakta-fakta unik tentang Islam di negaranya Kim Jong Un tersebut
1.Islam Sangat Diterima di Korut
Sebagai negara komunis, Korut sudah lama memberlakukan aturan yang ketat soal agama. Tapi, pada kenyataannya, Islam seolah mendapatkan lampu hijau di sini. Terbukti dengan data agama yang menyematkan nama Islam di sana. Jumlahnya sendiri sangatlah kecil, bahkan tak sampai satu persen. Menurut data yang ada tentang penganut Islam di sana, dipastikan nol persen warga Korea Utara memeluk Islam. Jadi, sama sekali tidak seorang pun masyarakat asli yang menjadi Muslim. Agama ini sendiri dibawa oleh diplomat-diplomat serta duta besar di sana. Meskipun jadi minoritas, tapi tak ada tekanan bagi para orang asing untuk menjalankan syariat Islam.
2. Korut Ternyata Punya Masjid
Membangun bangunan keagamaan adalah hal yang sangat dilarang di sana. Apalagi diprakarsai oleh masyarakat, apa pun itu tetap menjadi hak pemerintah untuk menentukannya. Meskipun aturan soal rumah ibadah begitu ketat, namun siapa sangka jika di Korut ternyata berdiri sebuah masjid yang cukup megah. Masjid ini terletak di salah satu sudut kota Pyongyang. Bentuknya sendiri cukup apik dengan lafal Allah di bagian puncak menaranya. Masjid ini sendiri ternyata tak dibangun oleh pemerintah Korut, melainkan oleh kedutaan besar Iran. Masjid ini bisa dibilang sebagai pusat agama Islam di sini. Uniknya, turis Muslim yang ingin sholat pun dipersilakan untuk datang ke masjid ini.
3. Perayaan Keislaman Ternyata Dilegalkan
Dunia selalu menganggap Korut adalah negara yang kaku dan kejam luar biasa. Padahal, di satu sisi negara ini selalu menunjukkan toleransi yang besar. Terutama soal perayaan-perayaan agama, termasuk Islam. Sudah cukup sering kedutaan RI di sana melakukan berbagai macam acara Keislaman. Mulai dari Nuzulul Qur’an sampai dengan Idul Fitri. Tak ada masalah, pemerintah sana baik-baik saja dengan itu. Makanya, ini jadi bukti jika Korut sebenarnya adalah negara yang sangat toleran.

Post a Comment

0 Comments