Berprestasi, Humas Pemko Padang Jadi Tujuan Studi Komparatif Humas dan Wartawan Sarolangun

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Menyusul torehan kinerja dan sejumlah prestasi yang didapatkan sejauh ini, menjadikan Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemko) Padang kerap dijadikan sebagai tujuan studi banding/komparatif dari berbagai instansi pemerintah dan swasta, baik dari dalam maupun luar Sumatera Barat (Sumbar).

Kali ini, Jumat (11/10/2019), salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Padang itu, tengah disambangi unsur Bagian Humas dan Protokoler Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun, Provinsi Jambi. 


Rombongan yang dipimpin langsung Wakil Bupati Sarolangun, Hillalatil Badri itu juga diikuti sejumlah wartawan di daerah Stempat. Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menyambutnya dalam pertemuan yang dilangsungkan di Ruang Abu Bakar Ja'ar Balaikota Padang. Hadir dikesempatan itu Sekda Kota Padang Amasrul, Kabag Humas Edi Dharma beserta jajaran, beberapa pimpinan OPD terkait dan para wartawan Kota Padang.

Wabup Sarolangun, Hillalatil Badri dalam penyampaiannya mengatakan, kunjungan studi komparatif ini sengaja ia ikuti langsung mengingat pentingnya keberadaan dan peranan humas dan protokoler serta awak media bagi kemajuan daerah dan Pemkab Sarolangun. 

"Studi banding ini kami rasa sangat penting dilakukan guna mempelajari dan mengetahui secara langsung apa saja kita-kiat yang telah dilakukan Bagian Humas Pemko Padang. Kita sama-sama melihat Humas Pemko Padang sejauh ini sangat baik dalam hal publikasi kegiatan di Pemko Padang.Termasuk bekerjasama dengan pihak media massa. Maka itu kita tentu ingin humas dan protokoler Pemkab Sarolangun bisa lebih baik. Makanya kita perlu melakukan studi komparatif ke 
tempat yang baik," tuturnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa terlihat menyambut hangat kunjungan studi komparatif tersebut. Ia menyampaikan, dalam kapasitasnya, humas pemerintah daerah sejatinya merupakan pusat informasi bagi publik/masyarakat termasuk mitra daripada rekan media.

"Maka itu citra Pemko Padang berada di tangan humas yang juga bermitra dengan wartawan. Kita tentu bersyukur dan mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh unsur bagian humas bersama wartawan di Kota Padang. Baik dalam menyampaikan segala bentuk berita dan informasi tentang Pemko Padang dan semua hal yang bertujuan untuk membangun Kota Padang, terutama terkait pemberitaan destinasi wisata yang ada di sini," ungkap wawako.

Seperti diketahui, sejumlah penghargaan bergengsi telah mampu ditorehkan Bagian Humas Setda Kota Padang. Terhitung sejak 2015 yakni meraih penghargaan Terpopuler 
Di Media Massa dari PR Indonesia. Kemudian ada dua penghargaan di 2016 yakni meraih Penghargaan The 1 ST Sumatera PR Indonesia Media Realtions Award dan SUmmit 
(PRIMAS) Kategori Kota Di Sumatera Yang Paling Banyak Diberitakan Di Media Nasional. Selanjutnya Penghargaan 7 Kepala Daerah Terpopuler Dari Indonesia Indicator kepada Wali Kota Padang Mahyeldi yang dikarenakan berkat kinerja humas. 

Begitu pun pada tahun 2017 Humas Pemko Padang menambah pundi-pundi keberhasilannya dengan meraih penghargaan Public Relations Indonesia Award (PRIA) 2017 kategori Media Relations Sub Kategori Pemerintah Kota Regional Sumatera. Di 2019 ini juga meraih Anugerah Humas Indonesia 2019 Kategori Terpopuler DI Media Online Sub Kategori Pemerintah Kota. 

Sementara itu Kepala Bagian Humas Setda Kota Padang, Edi Dharma mengatakan, humas merupakan OPD yang dikenal dengan istilah the guardian of reputation atau berfungsi sebagai pengawal reputasi dari pemerintah kota. Ada pun beberapa kiat-kiat yang telah dijalankan katanya, Bagian Humas Pemko Padang sesuai tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) selalu berupaya profesional.

"Kalau kita bisa mengawal reputasi pemko, membicarakan dan menyampaikan seluruh aktivitas yang ada di pemko itu merupakan tanggungjawab humas untuk menyampaikan kepada publik/masyarakat. Hal itu tentunya juga didukung oleh rekan-rekan media massa. Tidak hanya yang bersifat positif saja, tapi apabila ada saran, masukan dan kritikan yang membangun kita siap mengakomodasinya sehingga ke depan lebih baik lagi," jelas Edi.

Dalam segi pemberitaan terang Edi lagi, di samping bermitra dengan media massa pihaknya juga memanfaatkan media sosial (fbhumaskotapadang), instagram dan website. 

''Setiap kegiatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang selalu kita publikasikan secara baik dan profesional di berbagai media tersebut. Begitu juga kegiatan Pemko Padang termasuk kegiatan dan aktivitas di tengah masyarakat," jelasnya. 

Di akhir pertemuan masing-masing kedua belah pihak saling menyerahkan cendera mata sebagai tanda hubungan baik yang telah terjalin.(th)

Post a Comment

0 Comments